Mudah didapat, ini 4 pilihan obat herbal sakit perut

Selasa, 01 Juni 2021 | 12:25 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mudah didapat, ini 4 pilihan obat herbal sakit perut

ILUSTRASI. Cuka apel dan bahan-bahan yang lain bisa Anda pakai sebagai obat herbal sakit perut.


KONTAN.CO.ID - Hampir setiap orang pernah merasakan sakit perut. Salah satu cara mengatasi hal itu adalah dengan mengonsumsi obat herbal sakit perut.

Biasanya, sakit perut ditandai dengan perut yang terasa kembung, sembelit, diare, mual, muntah, dan lain sebagainya. 

Sebenarnya, ada banyak obat sakit perut yang dijual di pasaran. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba bahan-bahan alami.

Selain mengatasi sakit perut secara efektif, nutrisi yang terdapat dalam bahan alami bisa menjaga sistem pencernaan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Namun, perlu diingat, bahan-bahan alami berikut hanya mampu mengatasi sakit perut ringan. Jika sakit perut terus Anda rasakan dalam jangka waktu lama, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Bisa jadi masalah itu adalah tanda kesehatan tubuh yang terganggu.

Cuka apel

Melansir The Healthy, cuka apel mampu menyembuhkan sakit perut. Selain itu, cuka apel juga bisa meredakan sakit tenggorokan dan cegukan.

Cobalah untuk mengonsumsi segelas air hangat yang dicampur dengan 1 sdm cuka apel dan 1 sdm madu.

Baca Juga: Inilah 5 cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat

Kompres Hangat

Supaya sakit perut lebih cepat sembuh, cobalah untuk menggunakan kompres hangat. Suhu hangat yang keluar dari kompres dapat meningkatkan aliran darah menuju perut sehingga rasa sakit berkurang.

Selain menggunakan kain yang direndam air hangat, memanfaatkan botol yang diisi air hangat juga bisa Anda jadikan pilihan.

Yogurt

Tahukah Anda bahwa yogurt bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal sakit perut? Probiotik yang terdapat dalam yogurt efektif meredakan rasa tidak nyaman di perut.

Tidak berhenti sampai di situ, probiotik juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Supaya efek yogurt bisa maksimal, usahakan untuk memilih yogurt rendah lemak.

Selain itu, pastikan untuk tidak menggunakan pemanis atau perasa tambahan, ya. Dengan begitu, sakit perut bisa sembuh dengan lebih cepta.

Baca Juga: Ini 5 gejala GERD yang perlu Anda ketahui, apa saja?

Wortel

Wortel termasuk salah satu obat herbal sakit perut.

Wortel juga bisa digunakan sebagai obat herbal sakit perut, lo. Supaya manfaatnya lebih maksimal, Anda bisa mengkombinasikan wortel dengan bahan alami yang lain, yaitu peppermint.

Nutrisi dalam bahan-bahan itu tak hanya menyembuhkan sakit perut, tapi juga menutrisi tubuh dengan baik.

Caranya, rebus satu kantung teh peppermint dan empat iris wortel dalam empat gelas air selama 15 menit atau sampai wortel lunak. Selanjutnya, buang kantung teh lalu minum air rebusan tersebut.

Supaya rasa air rebusan wortel lebih lezat, Anda bisa menambahkan sedikit bubuk jahe atau air perasan lemon.

Selanjutnya: Cara mengatasi asam lambung tanpa obat apotik, gunakan bahan alami ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru