Inilah 5 cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat

Kamis, 27 Mei 2021 | 08:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah 5 cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat

ILUSTRASI. Air garam bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu masalah kesehatan gigi dan mulut yang sering dialami oleh banyak orang adalah gigi berlubang. Jika Anda mengalami masalah tersebut, ada banyak cara mengatasi sakit gigi berlubang yang bisa Anda jadikan pilihan.

Gigi berlubang terjadi akibat infeksi bakteri. Seiring berjalannya waktu, zat asam yang diproduksi bakteri akan merusak lapisan gigi sehingga masalah kesehatan itu Anda alami. Hal yang perlu Anda lakukan adalah menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Misalnya, membatasi konsumsi makanan dan minuman manis, rajin sikat gigi, rutin menggunakan benang gigi serta obat kumur, dan lain sebagainya. Selain itu, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa bahan alami berikut ini.

Garam

Bukan lagi menjadi rahasia jika air garam bisa dimanfaatkan untuk meredakan rasa nyeri akibat gigi berlubang. Anda hanya perlu mencampur sedikit garam dalam segelas air hangat lalu gunakan air tersebut untuk berkumur. Supaya hasilnya bisa maksimal, lakukan cara tersebut dua kali dalam sehari.

Baca Juga: 4 Obat gusi bengkak ini dari bahan alami, ingin mencoba?

Bawang Putih

Mengutip dari Timesnownews.com, bawang putih juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat. Cobalah untuk mengonsumsinya di pagi hari saat perut masih kosong. Dengan pemakaian rutin, bawang putih mampu mengobati sakit gigi berlubang.

Teh Hijau

Jika Anda mencari cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat, cobalah untuk menggunakan teh hijau. Jenis teh itu mampu mengurangi kemunculan plak sehingga kesehatan gigi dan mulut dapat terjaga. Anda bisa menambahkan air lemon atau madu dalam teh hijau hangat yang Anda konsumsi.

Daun Jambu Biji

Salah satu cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat adalah dengan daun jambu biji.

Antimikroba yang terdapat dalam daun jambu biji bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi, lo. Anda bisa mengunyah daun jambu biji yang sudah dicuci secara langsung. Selain itu, Anda bisa merebus daun jambu biji terlebih dahulu lalu gunakan air rebusan untuk berkumur.

Baca Juga: Dari bahan alami, 4 obat gusi bengkak ini layak dicoba

Lemon

Timesnownews.com merekomendasikan lemon untuk mengobati sakit gigi. Asam sitrat yang terkandung dalam lemon mampu meredakan rasa sakit. Dengan begitu, aktivitas yang Anda jalankan pun bisa berlangsung seperti biasa.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, kunyahirisan lemon selama beberapa menit. Usahakan untuk menggunakan gigi yang sedang sakit, ya. Setelah itu, berkumurlah dengan air supaya sisa lemon bisa hilang.

Selanjutnya: Ini 4 bahan alami yang cocok dijadikan obat sakit gigi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru