kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 4 bahan alami yang cocok dijadikan obat sakit gigi


Selasa, 25 Mei 2021 / 08:51 WIB
Ini 4 bahan alami yang cocok dijadikan obat sakit gigi


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hampir setiap orang pernah mengalami sakit gigi. Tentu saja hal itu cukup mengganggu aktivitas yang Anda lakukan. Supaya kondisi kesehatan tak memburuk, cobalah untuk segera mengonsumsi obat sakit gigi, salah satunya dari bahan alami.

Gigi Anda bisa terasa sakit karena berbagai macam hal, contohnya pembusukan gigi. Lapisan pelindung gigi bisa terus terkikis karena kebersihan gigi dan mulut yang tidak terjaga. Maka dari itu, usahakan untuk menyikat gigi minimal sebanyak dua kali dalam sehari.

Bahan-bahan alami berikut ini bisa mengatasi rasa sakit ringan dan bersifat sementara. Untuk benar-benar menyembuhkan sakit gigi, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, penyebab utamanya bisa diselesaikan.

Bawang Putih

Bahan alami pertama yang bisa Anda coba untuk menyembuhkan sakit gigi adalah bawang putih. Mengutip dari Dabur (dabur.com), bawang putih mengandung antibiotik sehingga efektif meredakan rasa sakit.

Pertama, hancurkan beberapa siung bawang putih sampai halus. Selanjutnya, beri sedikit garam dan lada lalu aduk hingga rata. Aplikasikan campuran yang sudah berbentuk pasta itu pada area gigi yang sakit. Anda bisa mengulanginya secara rutin supaya rasa sakit bisa hilang dengan lebih cepat.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri gula darah tinggi, termasuk kelelahan dan sakit gigi

Timun

Timun juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat sakit gigi, lo. Kandungan dalam timun mampu menghambat aliran darah menuju area gigi sehingga rasa sakit pun berkurang. Untuk memaksimalkan efeknya, Anda bisa mencampur timun dengan lemon.

Caranya, campur beberapa tetes air lemon pada 1 sdm timun yang sudah diparut. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada gigi yang sakit selama 10 menit. Kemudian, berkumurlah dengan air dingin. Untuk mendapat hasil yang maksimal, usahakan untuk melakukannya secara rutin.

Garam

Berkumur dengan air garam merupakan salah satu cara mengobati sakit gigi yang digunakan oleh banyak orang. Garam mampu melawan asam laktat yang terbentuk akibat infeksi bakteri. Anda hanya perlu berkumur dengan air garam sebanyak dua kali dalam sehari.

Baca Juga: Efektif, ini 4 cara memutihkan gigi yang bisa Anda coba

Bawang Merah

Salah satu bahan alami untuk obat sakit gigi adalah bawang merah.

Bahan alami selanjutnya yang direkomendasikan Dabur sebagai obat sakit gigi adalah bawang merah. Antiseptik dan antibakteri yang terkandung dalam bawang merah efektif melawan infeksi kuman dan meredakan rasa sakit.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Letakkan irisan bawang merah pada area gigi yang sakit lalu tekan dengan gigi yang lain. Diamkan dulu selama minimal 10 menit lalu kumur dengan air. Anda bisa melakukan cara tersebut satu kali dalam sehari.

Selanjutnya: Dari bahan alami, 4 obat gusi bengkak ini layak dicoba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×