Ini 5 gejala GERD yang perlu Anda ketahui, apa saja?

Jumat, 28 Mei 2021 | 08:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 5 gejala GERD yang perlu Anda ketahui, apa saja?


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah kondisi di mana katup antara lambung dan kerongkongan mengalami gangguan. Tentu saja gejala GERD perlu Anda ketahui supaya Anda bisa kondisi tubuh tak memburuk.

Setiap orang mengalami ciri-ciri terkena GERD yang berbeda-beda. Mengutip dari Very Well Health (verywellhealth.com), heartburn adalah salah satu gejala utama yang muncul akibat GERD. Anda perlu waspada jika kondisi itu Anda alami dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Jika dibiarkan, heartburn akan melukai saluran pencernaan sehingga kondisi kesehatan Anda bisa semakin terganggu. Selain heartburn, tentu saja masih banyak gejala lain yang Anda alami ketika menderita GERD.

Nyeri Dada

GERD ditandai dengan munculnya rasa nyeri di bagian dada atau perut. Apalagi setelah Anda mengonsumsi makanan berat. Rasa sakit itu bisa berlangsung sebentar, tapi juga tak menutup kemungkinan berlangsung dalam jangka waktu lama.

Ada banyak orang yang salah paham bahwa rasa nyeri yang dirasakan merupakan tanda serangan jantung. Untuk benar-benar memastikan kondisi Anda, ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan sesuai dengan kondisi Anda.

Baca Juga: 5 Obat herbal asam lambung ini bisa Anda jadikan pilihan

Sulit Menelan

Very Well Health mengatakan bahwa GERD mengakibatkan penderitanya kesulitan untuk menelan. Bahkan, GERD dapat meningkatkan risiko tersedak. Tentu saja hal itu cukup berbahaya untuk kesehatan Anda.

Sakit Tenggorokan

Seperti yang telah dikatakan, salah satu gejala GERD adalah heartburn. Nah, heartburn yang terjadi dalam jangka waktu lama bisa mengiritasi tenggorokan. Hal itulah yang membuat tenggorokan terasa sakit. Suara Anda juga bisa serak karena hal yang sama.

Baca Juga: Catat, inilah 4 penyebab maag yang perlu Anda waspadai

Mual dan Muntah

Gejala GERD lainnya yang tidak boleh Anda abaikan adalah mual dan muntah.  Saat frekuensi muntah meningkat, lapisan gigi Anda bisa terkikis. Hal itulah yang perlu Anda waspadai. Dikhawatirkan, kesehatan gigi Anda ikut terganggu saat GERD tak teratasi dengan baik.

Bau Mulut Tak Sedap

Salah satu gejala GERD adalah bau mulut tidak sedap.

GERD juga mengakibatkan bau mulut Anda menjadi tak sedap, lo. Hal itu terjadi karena asam lambung yang naik ke saluran pencernaan atas. Untuk mengatasinya, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter. Bisa jadi bau mulut tak sedap dikarenakan oleh faktor lain, misalnya gangguan kesehatan gigi dan mulut.

Selanjutnya: Anda perlu waspada, 5 penyebab nyeri dada tengah ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru