Catat, inilah 4 penyebab maag yang perlu Anda waspadai

Kamis, 27 Mei 2021 | 13:32 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat, inilah 4 penyebab maag yang perlu Anda waspadai

ILUSTRASI. Gangguan pencernaan kronis termasuk salah satu penyebab maag. Tribun Jateng/ Hermawan Handaka.

KONTAN.CO.ID - Maag biasanya ditandai dengan beberapa macam hal. Tentu saja, penyebab maag perlu Anda ketahui supaya Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Penyebab maag mulai dari perut kembung, sering bersendawa, sakit perut, hingga heartburn. 

Jika terus dibiarkan dan tidak diatasi dengan benar, penyakit maag bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang lebih parah. Misalnya, kanker perut, GERD atau gastroesophageal reflux disease, penyakit liver.

Ada baiknya bagi Anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter jika mengalami gejala maag, apalagi jika Anda sering mengalaminya. Dokter akan memeriksa riwayat kesehatan dan melakukan pemeriksaan lain.

Dengan begitu, fakotr yang menyebabkan maag bisa teratasi dengan optimal.

Gangguan pencernaan kronis

Mengutip dari Cary Gastro, gangguan pencernaan kronis bisa menyebabkan maag. Anda perlu mengubah pola hidup.

Termasuk, mengatur pola makan Anda, supaya masalah kesehatan itu bisa berkurang. Dengan begitu, kondisi kesehatan Anda bisa tetap terjaga.

Baca Juga: 4 Obat maag dari bahan alami ini mudah Anda dapatkan

Jenis obat tertentu

Jenis obat tertentu bisa jadi penyebab maag, lo. Misalnya, corticosteroid dan obat antiinflamasi nonsteroid. Jenis obat tersebut dapat menambah jumlah asam lambung sehingga gejala maag pun Anda rasakan.

Jika terus dibiarkan, tentu saja asam lambung dapat mengakibatkan iritasi pada saluran pencernaan. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter tentang efek samping obat tersebut. Alhasil, dokter bisa memberikan obat lain yang bisa Anda pilih.

Stres

Ada banyak penyebab maag, salah satunya stres.

Tahukah Anda bahwa stres dapat jadi penyebab maag?

Stres yang terlalu tinggi memicu lebih banyak produksi asam lambung dan pepsin daripada yang benar-benar dibutuhkan tubuh. Hal tersebut dapat melukai dinding lambung sehingga tukak lambung pun terjadi.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan Anda stres. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui dulu sumber stres lalu mengatur stres dengan baik.

Anda bisa melakukan yoga, meditasi, hobi, atau kegiatan relaksasi yang lain. Jika memang diperlukan, tidak ada salahnya untuk konsultasi dengan dokter agar stres dapat terkelola dengan baik.

Baca Juga: Tak perlu bingung, ini 5 pilihan makanan untuk asam lambung

Infeksi

Infeksi bakteri juga bisa menyebabkan maag. Cary Gastro mengatakan, helicobacter pylori adalah jenis bakteri yang umumnya menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan.

Kemunculan bakteri itu mampu meningkatkan produksi asam lambung yang berpotensi melukai kondisi lambung Anda.

Selanjutnya: 5 Cara meredakan asam lambung naik saat puasa

Editor: Belladina Biananda
Terbaru