kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak perlu bingung, ini 5 pilihan makanan untuk asam lambung


Sabtu, 06 Maret 2021 / 07:00 WIB
Tak perlu bingung, ini 5 pilihan makanan untuk asam lambung


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jika lambung mulai bermasalah, cobalah mengonsumsi makanan untuk asam lambung. Dengan begitu, sakit perut, heartburn atau sensasi terbakar, dan gejala asam lambung naik lainnya bisa tertasi secara efektif.

Mengutip dari NDTV Food (food.ndtv.com), ada banyak hal yang menyebabkan asam lambung meningkat. Mulai dari perut kosong, jadwal makan yang terlalu berjarak, hingga terlalu banyak mengonsumsi kopi, teh, alkohol, atau merokok.

Mengonsumsi makanan pedas dan makanan yang terlalu asam pun dapat memperparah kondisi Anda. Supaya kesehatan Anda tak semakin terganggu, cobalah untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan yang dapat menurunkan asam lambung.

Kayu Manis

Kayu manis adalah salah satu jenis rempah yang bermanfaat untuk menurunkan jumlah asam lambung. Jenis rempah itu akan meningkatkan penyerapan dan memperbaiki sistem pencernaan Anda. Tak hanya itu, kandungan nutrisi di dalamnya mampu mencegah infeksi di saluran pencernaan Anda.

Baca Juga: Ini rempah-rempah yang bermanfaat sebagai obat herbal asam lambung

Cengkih

Makanan untuk asam lambung selanjutnya yang bisa Anda coba adalah cengkih. Jenis rempah itu memiliki kandungan karminatif alami. Artinya, pembentukan gas di saluran pencernaan bisa dicegah. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Campurkan cengkih pada makanan yang berpotensi menyebabkan perut kembung. Anda pun dapat mencampur cengkih dan kapulaga dengan perbandingan yang sama. Konsumsi campuran itu supaya perut tak lagi sakit.

Jahe

Jahe jadi salah satu makanan untuk asam lambung.

Ada banyak manfaat jahe yang berguna untuk kesehatan tubuh Anda. Salah satunya adalah menurunkan asam lambung Anda. NDTV Food mengatakan bahwa manfaat itu berasal dari antiinflamasi yang terkandung dalam jahe.

Jahe bisa dikonsumsi dengan berbagai macam cara. Pertama, kunyah jahe secara langsung. Kedua, minum ekstrak jahe dua hingga tiga kali dalam sehari. Ketiga, rebus jahe dalam segelas air lalu minum setelah suhu air lebih dingin.

Baca Juga: Jaga kondisi dengan mewaspadai penyebab dan gejala maag ini

Air Kelapa

Air Kelapa termasuk dalam makanan untuk asam lambung yang bisa Anda coba. Kandungan dalam bahan alami itu mampu menyeimbangkan pH dalam sistem pencernaan. Tak hanya itu, air kelapa dapat meningkatkan produksi lendir sehingga efek samping asam lambung bisa dicegah.

Pisang

Pisang adalah salah satu jenis buah yang mampu mengatasi asam lambung yang terlalu tinggi. Manfaat itu berasal dari kandungan antasida, salah satu jenis asam yang dapat menetralkan jenis asam yang lain. Jika asam lambung Anda sering naik, cobalah untuk mengonsumsi sebuah pisang setiap hari.

Selanjutnya: Sakit asam lambung sering kambuh, ketahui dan hindari penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×