kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Obat herbal asam lambung ini bisa Anda jadikan pilihan


Rabu, 19 Mei 2021 / 10:36 WIB
5 Obat herbal asam lambung ini bisa Anda jadikan pilihan
ILUSTRASI. Pisang termasuk salah satu obat herbal asam lambung yang bisa Anda coba.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam lambung diperlukan tubuh untuk mencerna makanan. Namun, jumlah asam lambung yang terlalu banyak justru bisa membuat tubuh Anda tak nyaman. Jika hal itu terjadi, Anda membutuhkan obat herbal asam lambung.

Biasanya, asam lambung naik ditandai oleh beberapa hal. Mulai dari heartburn atau sensasi terbakar dari perut hingga saluran pencernaan atas, nyeri dada, dan lain sebagainya. Anda tidak boleh mengabaikan kondisi itu karena bisa jadi sistem pencernaan Anda mengalami gangguan.

Segera periksakan diri ke dokter jika kondisi Anda semakin parah. Namun, jika asam lambung naik mengakibatkan masalah yang tak terlalu serius, ada beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan. Cara melakukannya pun cukup mudah.

Konsumsi Pisang atau Apel

Mengutip dari Fisher Titus (fishertitus.org), pisang bisa jadi salah satu cara menurunkan asam lambung. Hal yang sama juga berlaku untuk apel. Cobalah untuk mengonsumsi satu buah apel beberapa jam sebelum tidur di malam hari. Dengan begitu, rasa tidak nyaman akibat asam lambung naik bisa berkurang.

Baca Juga: Minuman segar yang bisa membantu meredakan asam lambung tinggi.

Teh Kamomil

Jika Anda mencari obat herbal asam lambung, tidak ada salahnya untuk mencoba teh kamomil. Jenis teh itu dapat menyeimbangkan asam lambung dalam tubuh Anda. Cobalah untuk mengonsumsi teh kamomil 30 menit sebelum tidur di malam hari.

Selain menurunkan asam lambung, teh kamomil juga efektif mengurangi stres. Dengan begitu, heartburn yang sering Anda alami pun berkurang. Anda bisa menambahkkan madu atau air lemon dalam teh kamomil yang Anda konsumsi.

Jahe

Jika Anda mencari obat herbal asam lambung, jahe bisa dijadikan pilihan.

Bahan alami selanjutnya yang cocok digunakan sebagai obat herbal asam lambung adalah jahe. Caranya, rebus beberapa iris jahe selama 30 menit. Minum air rebusan itu 30 menit setiap sebelum makan. Dengan melakukannya secara rutin, gejala asam lambung naik bisa teratasi dengan baik.

Baca Juga: Begini cara mengobati asam lambung dengan kunyit

Baking Soda

Fisher Titus merekomendasikan baking soda untuk mengatasi masalah asam lambung. Sama seperti teh kamomil, baking soda mampu menyeimbangkan zat asam dalam lambung. Pertama, campur 1 sdt baking soda dalam 8 ons air.

Minum air baking soda itu secara rutin. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi lebih dari tujuh dosis air baking soda setiap hari. Terlalu banyak mengonsumsi air baking soda justru menimbulkan efek samping, misalnya mual atau pembengkakan di bagian tubuh yang lain.

Selanjutnya: Asam lambung naik lagi? Ini minuman yang bisa membantu meredakan asam lambung tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×