kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara mengatasi sembelit ini perlu Anda coba, apa saja?


Senin, 16 Agustus 2021 / 12:41 WIB
4 Cara mengatasi sembelit ini perlu Anda coba, apa saja?
ILUSTRASI. Ada banyak cara mengatasi sembelit yang bisa Anda jadikan pilihan.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara mengatasi sembelit perlu segera Anda lakukan. Jika terus dibiarkan, masalah sistem pencernaan itu bisa mengakibatkan gangguan kesehatan yang lebih parah. Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak hal yang bisa Anda coba dengan mudah.

Healthline (healthline.com) menyebutkan bahwa tak ada jumlah pasti berapa kali seseorang harus uang air besar. Namun, Anda patut waspada jika frekuensi buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu. Terlebih jika feses bertekstur keras dan sulit dikeluarkan.

Kondisi itu bisa terjadi karena berbagai macam faktor. Mulai dari usia, kondisi kesehatan, pola hidup, dan lain sebagainya. Nah, beberapa cara di bawah ini bisa Anda praktikkan. Jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan dokter supaya kondisi kesehatan Anda tetap terpantau.

Konsumsi Makanan Berserat

Mengonsumsi makanan berserat termasuk salah satu cara mengatasi sembelit yang perlu Anda coba. Beberapa jenis makanan berserat yang dimaksud adalah buah, sayur, oatmeal, sereal, dan lain sebagainya. Selain itu, mengonsumsi suplemen serat juga bisa Anda coba. Namun, pastikan untuk memintas saran dokter dulu, ya.

Baca Juga: Anda Menderita Ambeien? Sembuhkan dengan Obat Alami Ini

Olahraga

Mengutip dari Healthline, olahraga jadi hal penting yang perlu Anda lakukan supaya frekuensi buang air besar lancar. Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda pilih. Mulai dari berjalan, jogging, bersepeda, dan lain-lain. Dengan rutin melakukannya, sisa makanan yang ada di sistem pencernaan bsia bergerak dengan efektif.

Minum Air Putih

Minum air putih bisa jadi cara mengatasi sembelit.

Cara mengatasi sembelit berikutnya adalah dengan minum air putih. Umumnya, Anda membutuhkan delapan gelas air putih per hari. Namun, jumlah itu bisa berubah sesuai dengan kondisi tubuh dan aktivitas yang sedang Anda kerjakan.

Selain minum air putih, mengonsumsi infused water juga bisa Anda jadikan pilihan. Nutrisi yang terkandung dalam bahan alami yang Anda pakai juga bisa menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Baca Juga: Coba 4 cara alami mengobati nyeri perut kiri bawah ini

Kelola Stres

Sembelit juga bisa Anda alami karena stres tak terkelola dengan baik, lo. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengelola stres dengan baik. Cobalah untuk rutin melakukan kegiatan relaksasi, seperti yoga atau meditasi.

Jika memang diperlukan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Biasanya, dokter bisa memberikan saran mengelola stres yang baik dan sesuai dengan kondisi yang Anda alami saat ini.

Selanjutnya: Jangan sepelekan, 5 penyebab diare ini bisa Anda alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×