kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45993,60   -993,60   -100.00%
  • EMAS1.193.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pakai bahan alami, coba 4 cara mengatasi sesak nafas ini


Sabtu, 18 September 2021 / 13:15 WIB
Pakai bahan alami, coba 4 cara mengatasi sesak nafas ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Sesak nafas bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya, gangguan pada paru-paru atau saluran pernapasan lain. Supaya tak memburuk, cobalah untuk segera mempraktikkan cara mengatasi sesak nafas.

Anda bisa memanfaatkan beberapa jenis bahan alami di sekitar Anda supaya sesak nafas tidak semakin parah. Namun, pastikan untuk tetap memeriksakan diri ke dokter, ya. Apalagi, jika Anda mengalami gejala lain yang membahayakan kesehatan.

Sebelum rutin mengonsumsi bahan-bahan alami ini, meminta saran dokter juga bisa Anda jadikan pilihan. Dengan begitu, Anda bisa mendapat dosis konsumsi yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Madu

Mengutip dari Only My Health, mengonsumsi sedikit madu sebelum tidur di malam hari bisa meredakan sesak napas dan mengi. Tak hanya itu, madu juga efektif mengobati batuk dan pilek.

Manfaat madu tersebut berasal dari berbagai macam nutrisi yang terkandung di dalamnya. Mulai dari antioksidan, antimikroba, hingga antiinflamasi. Usahakan untuk tidak memberikan madu pada anak berusia di bawah satu tahun karena bisa menimbulkan reaksi alergi.

Baca Juga: Bisa jadi pilihan, coba 5 obat herbal sesak nafas ini

Jahe

Tahukah Anda bahwa salah satu cara mengatasi sesak nafas adalah dengan memakai jahe? Jenis rempah itu mampu meningkatkan kekuatan paru-paru. Jadi, tak hanya sesak napas yang teratasi, tapi juga masalah sistem pernapasan yang lain.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan jika ingin memanfaatkan jahe. Anda bisa mencampurnya dengan hidangan yang Anda konsumsi sehari-hari. selain itu, rutin minum air rebusan jahe juga bisa jadi pilihan yang tepat.

Air garam

Cara mengatasi sesak nafas berikutnya yang direkomendasikan Only My Health adalah menggunakan air garam. Anda perlu mencampur ½ sdt garam dalam ½ gelas air hangat terlebih dahulu. Berkumurlah dengan air tersebut selama empat hingga lima menit supaya sesak napas berkurang.

Baca Juga: Tanpa obat, ini cara mengobati asma dengan madu

Kopi

Mengonsumsi kopi termasuk salah satu cara mengatasi sesak nafas.

Siapa yang gemar minum kopi? Ternyata, jenis minuman itu berguna untuk meredakan sesak napas, lo. Kafein yang terdapat dalam kopi mampu membersihkan saluran pernapasan dan menguatkan paru-paru.

Supaya efeknya lebih terasa, cobalah untuk mengonsumsi kopi hitam tanpa pemanis. Meski manfaat kopi itu bisa Anda dapat, usahakan untuk tidak minum kopi dalam jumlah yang berlebihan, ya. Banyak minum kopi justru bisa menimbulkan efek samping yang tak baik untuk kesehatan Anda.

Selanjutnya: Cari obat sesak nafas? Pakai 6 bahan-bahan alami ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×