Tanpa obat, ini cara mengobati asma dengan madu

Senin, 02 Agustus 2021 | 13:54 WIB Sumber: Kompas.com
Tanpa obat, ini cara mengobati asma dengan madu

ILUSTRASI. Tanpa obat, ini cara mengobati asma dengan madu

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Selain dengan obat, ada cara lain mengobati asma. Cara mengobati asma bisa dilakukan dengan memanfaatkan madu.

Madu telah digunakan sebagai obat alami dalam budaya di seluruh dunia selama berabad-abad. Hal ini disebabkan, madu memiliki sifat antioksidan yang melawan peradangan dan meningkatkan kekebalan.

Banyak orang mengonsumsi madu karena kemampuannya untuk meredakan sakit tenggorokan dan meredakan batuk. Madu juga merupakan obat rumahan untuk gejala alergi.

Melansir dari Healthline, asma dan alergi adalah kondisi terkait, tetapi ada beberapa perbedaan penting. Jika Anda alergi terhadap hal-hal di lingkungan, seperti serbuk sari dan debu, tubuh Anda menghasilkan antibodi sebagai respons.

Antibodi tersebut menyebabkan produksi bahan kimia, seperti histamin. Histamin dapat menyebabkan hidung tersumbat, bersin-bersin, mata berair, gatal-gatal, batuk, dan reaksi alergi lainnya. Antibodi yang sama juga dapat memicu serangan asma.

Namun tidak seperti alergi, asma adalah masalah yang dialami jauh di dalam paru-paru dan saluran udara bagian atas. Ini adalah masalah kesehatan yang lebih serius daripada alergi lingkungan.

Baca juga: Mudah Anda dapat, ini 5 rekomendasi obat herbal sesak nafas

Aktivitas ringan dapat menyebabkan serangan asma pada beberapa orang. Apabila tidak diobati, asma dapat mengancam jiwa. Dapatkan madu menjadi cara untuk mengobati asma tanpa  obat-obatan kimia?

Madu cukup efektif untuk meredakan batuk pada malam hari. Suatu bentuk asma malam hari, yang disebut asma nokturnal, dapat menyebabkan batuk, mengi, dan sesak dada. Gejala-gejala ini dapat mengganggu tidur Anda.

Para peneliti di UCLA menyarankan untuk mengonsumsi 2 sendok teh madu sebelum tidur. Manisnya madu dipercaya dapat memicu kelenjar ludah untuk memproduksi lebih banyak air liur. Ini dapat melumasi saluran udara sehingga meredakan batuk Anda.

Madu juga dapat mengurangi peradangan pada saluran bronkial (saluran udara di dalam paru-paru) dan membantu memecah lendir yang membuat Anda sulit bernapas. bisa meminum campuran satu sendok teh madu bersama 200 lm air hangat dua hingga tiga kali dalam sehari.

Selain itu, Anda juga bisa mencampur 1/2 sendok teh bubuk kayu manis dengan satu sendok teh madu dan diminum sebelum tidur. Madu dan kayu manis dapat membantu menghilangkan dahak dari tenggorokan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Jika Anda ingin minuman yang segar, Anda bisa mengonsumsi campuran perasan 1/2 lemon, segelas air hangat, dan 1 sendok teh madu. Jus lemon memiliki antioksidan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan dapat membantu membersihkan lendir.

Editor: Adi Wikanto
Terbaru