Cari obat sesak nafas? Pakai 6 bahan-bahan alami ini

Rabu, 11 Agustus 2021 | 14:38 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cari obat sesak nafas? Pakai 6 bahan-bahan alami ini

ILUSTRASI. Obat sesak nafas perlu Anda konsumsi supaya kesehatan tubuh tetap terjaga.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak faktor yang jadi penyebab sesak nafas, salah satunya adalah kondisi paru-paru yang kurang sehat. Untuk menghindari masalah yang lebih serius, ada banyak obat sesak nafas yang perlu Anda coba. Salah satunya dari bahan-bahan alami.

Paru-paru adalah salah satu organ dalam tubuh yang rentan mengalami masalah. Terlebih jika Anda sering terpapar polusi, misalnya asap rokok. Jika terus dibiarkan, bukan tidak mungkin Anda mengalami penyakit parah, contohnya bronkitis, asma, dan lain sebagainya.

Supaya kesehatan paru-paru terjaga, cobalah untuk rutin mengonsumsi jenis makanan di bawah ini. Jangan lupa pula untuk tetap berkonsultasi dengan dokter. Khususnya jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu. Dengan begitu, kesehatan Anda bisa tetap terpantau.

Brokoli

Brokoli adalah salah satu bahan alami yang bisa menjaga kesehatan sistem pernapasan. Mengutip dari Food NDTV (food.ndtv.com), manfaat itu datang dari berbagai macam nutrisi yang ada di dalamnya. Mulai dari vitamin C, folat, karotenoid, dan lain-lain.

Baca Juga: Ini 8 cara mengatasi sesak nafas secara alami

Apel

Jika Anda mencari obat sesak nafas, tak ada salahnya untuk makan apel secara teratur. Menurut sebuah penelitian, kandungan-kandungan yang ada dalam apel efektif meningkatkan fungsi paru-paru sehingga kesehatan sistem pernapasan Anda dapat terjaga.

Bawang Putih

Bahan alami selanjutnya yang direkomendasikan oleh Food NDTV adalah bawang putih. Flavonoid dalam bawang putih mampu membantu tubuh untuk mengeluarkan karsinogen dan zat beracun lain yang mengganggu kesehatan sistem pernapasan Anda.

Kunyit

Kunyit termasuk salah satu jenis rempah yang bisa digunakan sebagai obat sesak nafas. Bukan tanpa alasan, curcumin dalam kunyit berfungsi sebagai antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan di saluran pernapasan, apalagi pada penderita asma.

Baca Juga: 5 Cara mengatasi hidung tersumbat dengan bahan alami

Buah Beri

Ada banyak jenis buah beri yang berguna untuk menjaga sistem pernapasan, salah satunya adalah bluberi. Jenis buah itu mengandung banyak vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Dengan mengonsumsinya secara rutin, radikal bebas penyebab berbagai jenis penyakit dalam tubuh dapat dilawan.

Jahe

Jahe dapat Anda gunakan sebagai obat sesak nafas.

Supaya sesak napas tak sering Anda alami, cobalah untuk rutin makan jahe. Sama seperti bahan alami yang lain, jenis rempah itu mengandung antiinflamasi yang mampu meredakan peradangan. Tidak berhenti sampai di situ, kandungan dalam jahe juga efektif mengeluarkan polusi yang mengganggu sistem pernapasan.

Selanjutnya: Tanpa obat, ini cara mengobati asma dengan madu

Editor: Belladina Biananda
Terbaru