kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pakai bahan alami, berikut 6 opsi obat asma untuk Anda


Senin, 06 Desember 2021 / 12:07 WIB
Pakai bahan alami, berikut 6 opsi obat asma untuk Anda
ILUSTRASI. Salah satu manfaat bawang putih adalah dijadikan obat asma.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asma adalah salah satu masalah pada sistem pernapasan yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Tentu saja Anda perlu mengonsumsi obat asma supaya masalah itu tak bertambah. Anda bisa memanfaatkan bahan alami untuk mengatasinya.

Selain produksi lendir yang meningkat, Anda juga perlu memerhatikan faktor lain yang dapat memperparah asma. Misalnya, asap rokok, obesitas, dan faktor yang lain. Segera periksakan diri ke dokter jika sistem pernapasan Anda terganggu.

Selain mengikuti saran dokter, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa jenis bahan alami. Namun, perlu diingat bahwa bahan alami berikut ini hanya mampu mengatasi asma ringan. Jangan lanjutkan pemakaian bahan alami ini jika muncul efek samping yang mengganggu kesehatan Anda.

Bawang Putih

Asma juga bisa Anda atasi dengan bawang putih, lo. Penyakit asma mengakibatkan saluran pernapasan rentan mengalami peradangan. Nah, hal itu bisa Anda hindari dengan mengonsumsi bawang putih secara rutin. Kemampuan itu berasal dari antiinflamasi yang terdapat dalam bawang putih.

Baca Juga: 4 Obat batuk kering dari bahan alami yang patut Anda coba

Madu

Mengutip dari Pharmeasy (pharmeasy.in), madu dapat meringankan sakit tenggorokan dan batuk yang sedang dialami. Jika masalah tersebut tak segera Anda atasi, penyakit asma bisa semakin parah. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Pertama, minum segelas air hangat yang sudah dicampur dengan madu. Cobalah untuk melakukan cara tersebut secara rutin supaya kondisi kesehatan Anda terjaga. Anda juga bisa mengganti air hangat dengan teh herbal kesukaan Anda.

Kafein

Penderita asma juga bisa memanfaatkan kafein untuk menghindari penyumbatan pada saluran pernapasan. Ada banyak sumber kafein yang bisa Anda pilih. Mulai dari kopi, teh, cokelat, dan lain sebagainya.

Jahe

Jahe dan bahan alami yang lain dapat dijadikan obat asma.

Jahe mengandung antiinflamasi sehingga cocok Anda jadikan cara mengobati asma. Anda bisa mengonsumsi jenis rempah itu atau mengonsumsinya dalam bentuk suplemen. Supaya dosis yang tepat bisa Anda dapat, jangan lupa untuk berkonsultasi dulu ke dokter, ya.

Baca Juga: 10 Penyebab radang paru-paru, jangan anggap enteng

Kunyit

Kunyit bisa jadi obat asma.

Bahan alami berikutnya yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat asma adalah kunyit. Apalagi jika asma sering terjadi karena Anda alergi terhadap sesuatu. Jenis rempah tersebut mengandung antialergi yang efektif mengatasi gejala asma.

Cobalah untuk mengkombinasikan kunyit dalam makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Kandungan dalam kunyit mampu menekan histamin sehingga inflamasi dalam tubuh mereda.

Minyak Omega 3

Supaya asma bisa mereda, cobalah untuk rutin mengonsumsi minyak omega 3, misalnya dari ikan. Tidak hanya mengurangi peradangan di saluran peradangan, minyak omega 3 juga mampu meningkatkan fungsi paru-paru secara menyeluruh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×