4 Obat batuk kering dari bahan alami yang patut Anda coba

Sabtu, 04 Desember 2021 | 14:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Obat batuk kering dari bahan alami yang patut Anda coba

KONTAN.CO.ID - Selain dari apotek atau resep dokter, obat batuk kering juga bisa Anda dapat dari bahan-bahan alami, lo. Anda tidak perlu khawatir karena bahan alami dalam artikel ini cukup mudah untuk Anda temukan.

Beberapa penyebab batuk kering adalah alergi, asma, asam lambung naik, dan lain-lain. Supaya tak bertambah parah, pastikan untuk minum banyak air putih, ya. Anda juga bisa minum air yang dicampur lemon atau teh herbal agar batuk kering tak bertambah parah.

Very Well Health merekomendasikan Anda untuk berkumur dengan air garam. Kandungan dalam air garam mampu meredakan iritasi sehingga rasa sakit yang muncul dapat berkurang.

Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak bahan-bahan lain yang dapat Anda pakai.

Madu

Madu merupakan bahan alami yang cukup sering digunakan sebagai obat batuk kering. Antiinflamasi di dalamnya bisa meredakan inflamasi atau peradangan. Di sisi lain, antibakteri dalam madu efektif melawan infeksi bakteri atau jenis kuman yang lain.

Meski demikian, bukan berarti Anda bisa bebas memakai madu, ya. Jangan berikan madu pada anak berusia di bawah satu tahun untuk menghindari risiko alergi. Selain itu, penderita diabetes juga perlu mewaspadai bahan alami tersebut.

Baca Juga: Ini daftar obat batuk berdahak beserta cara mencegahnya

Bawang putih

Manfaat bawang putih adalah digunakan sebagai obat batuk kering.

Bahan alami berikutnya yang dapat Anda jadikan cara mengobati batuk adalah bawang putih. Antivirus, antibakteri, dan antiinflamasi yang terkandung dalam bawang putih mampu meredakan batuk.

Tidak berhenti sampai di situ, manfaat bawang putih lainnya adalah menurunkan tekanan darah tinggi.

Kunyit

Jika Anda mencari bahan alami yang dapat digunakan untuk menyembuhkan batuk, cobalah untuk memanfaatkan kunyit.

Sama seperti bahan-bahan lain yang sudah disebutkan, kunyit mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh agar cepat sembuh, seperti antivirus, antibakteri, dan antiinflamasi.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengonsumsi kunyit. Anda bisa mencampurnya dengan bahan bergizi lain, minum air rebusan kunyit, atau mengonsumsinya dalam bentuk suplemen.

Jika Anda ingin mengonsumsi suplemen kunyit, pastikan untuk meminta saran dokter dulu, ya.

Baca Juga: Perlu Anda waspadai, inilah 4 penyebab penyakit TBC

Jahe

Jahe jadi obat batuk kering.

Melansir Very Well Health, jahe cocok dijadikan obat batuk kering. Kandungan dalam bahan alami itu mampu membuat otot-otot di saluran pernapasan rileks. Dengan begitu, frekuensi batuk dapat berkurang hingga akhirnya benar-benar hilang.

Selanjutnya: Ada Hari Natal dan Hari Ibu: Daftar hari libur dan hari besar di bulan Desember 2021

Editor: Belladina Biananda
Terbaru