Ini daftar obat batuk berdahak beserta cara mencegahnya

Senin, 11 Oktober 2021 | 07:39 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini daftar obat batuk berdahak beserta cara mencegahnya

ILUSTRASI. Supaya cepat sembuh, Anda bisa mengonsumsi bahan alami sebagai obat batuk berdahak.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda sedang mengalami batuk berdahak? Apabila iya, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai obat batuk berdahak. Dengan penggunaan rutin, bahan-bahan tersebut cukup efektif menyembuhkan masalah kesehatan yang sedang Anda alami.

Dahak merupakan salah satu bentuk mekanisme tubuh ketika ada benda asing yang menginfeksi. Infeksi virus, bakteri, atau alergi bisa memicu produksi dahak yang terlalu banyak. Selain itu, asma, GERD, atau masalah kesehatan yang lain juga bisa menyebabkan masalah yang sama.

Sebenarnya, ada banyak obat batuk di apotek yang bisa Anda minum. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa jenis bahan alami di bawah ini. Tak hanya mengobati batuk, kandungan dalam bahan alami juga bagus untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Rempah

Medical News Today (medicalnewstoday.com) mengatakan bahwa ada beberapa jenis rempah yang dapat Anda gunakan untuk menyembuhkan batuk. Misalnya, ginseng, jahe, bawang putih, cabai, dan lain sebagainya.

Menurut hasil penelitian, buah beri, jambu biji, dan delima pun berguna untuk mengobati batuk. Apalagi batuk yang disebabkan oleh infeksi virus. Dengan mengonsumsinya secara teratur, produksi dahak berkurang sehingga batuk pun sembuh.

Baca Juga: Yogurt hingga teh, obat flu dan batuk bisa dari 4 bahan ini

Garam

Berkumur dengan air garam bisa jadi obat batuk berdahak.

Tahukah Anda bahwa garam dapat dijadikan obat batuk berdahak? Caranya sangat mudah. Pertama, larutkan ½ sdt garam dalam satu gelas air hangat. Gunakan air garam tersebut untuk berkumur sebanyak beberapa kali dalam satu hari.

Air Hangat

Salah satu cara mengobati batuk berdahak yang perlu Anda lakukan adalah dengan mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan. Supaya efeknya lebih terasa, cobalah untuk minum air hangat. Minum air hangat juga mampu mengatasi masalah sistem pernapasan yang lain, misalnya mengi.

Tidak hanya minum air hangat, Anda juga bisa menjajal pilihan yang lain. Mulai dari kuah sup, teh tanpa kafein, teh hijau, atau jenis teh herbal yang lain. Anda tak perlu khawatir karena jenis minuman itu bisa Anda temukan di pasaran dengan mudah.

Baca Juga: Tidak hanya jahe, inilah 4 pilihan obat batuk alami

Madu

Salah satu obat batuk berdahak adalah madu.

Mengutip dari Medical News Today, madu cocok digunakan obat batuk berdahak karena mengandung antivirus dan antibakteri yang cukup banyak. Supaya proses penyembuhan berjalan lebih cepat, cobalah untuk mengonsumsi 1 sdm madu tiap tiga hingga empat jam sekali.

Cara Mencegah Batuk Berdahak

Supaya batuk berdahak tak sering Anda alami, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan. Mulai dari menghindari alergen, berhenti merokok, rajin olahraga supaya sistem imun kuat, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, hingga mengonsumsi suplemen vitamin atau mineral jika memang dibutuhkan.

Selanjutnya: Sederet manfaat minum air hangat untuk kesehatan salah satunya menurunkan berat badan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru