kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perlu Anda waspadai, inilah 4 penyebab penyakit TBC


Sabtu, 09 Oktober 2021 / 16:05 WIB
Perlu Anda waspadai, inilah 4 penyebab penyakit TBC


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - TBC disebabkan oleh infeksi bakteri di paru-paru. Untuk menghindari kondisi yang tak Anda inginkan, sebaiknya waspadai faktor apa saja yang bisa jadi penyebab penyakit TBC.

Mengutip dari Centers for Disease Control and Prevention atau CDC, bakteri TBC menyebar melalui udara. Maka dari itu, Anda perlu berhati-hati saat melakukan kontak dekat dengan penderita TBC. Apalagi, saat penderita bernyanyi, berbicara, atau batuk.

Ada beberapa hal yang sering disalahartikan sebagai proses penyebaran TBC. Anda tidak tertular penyakit itu saat berjabat tangan, berbagai makanan atau minuman, berciuman, atau menggunakan sakit gigi yang sama dengan penderita TBC.

Infeksi TBC dimulai ketika bakteri masuk ke saluran pernapasan lalu tumbuh dan berkembang di paru-paru. Infeksi TBC bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain melalui aliran darah. Namun, tidak semua jenis infeksi TBC menyebabkan penderitanya sakit.

Tubuh yang kuat bisa melawan infeksi bakteri meski sudah masuk ke tubuh. Kasus tersebut dinamakan dengan TB laten. Selain tak menunjukkan gejala TBC, penderita TB laten juga tak bisa menyebarkan bakteri ke orang lain.

Meski demikian, bukan berarti Anda bisa mengabaikan infeksi TBC, ya. Saat sistem imun tubuh melemah, bakteri yang tadinya tak menimbulkan masalah bisa aktif sehingga menimbulkan penyakit.

Beberapa faktor di bawah ini perlu Anda perhatikan karena bisa jadi penyebab penyakit TBC:

Baca Juga: Gejala Penyakit Tuberculosis (TBC) yang Perlu Anda Waspadai

Jenis obat tertentu

Beberapa jenis obat bisa jadi penyebab penyakit TBC.

Anda perlu berhati-hati terhadap konsumsi jenis obat tertentu karena hal itu bisa memicu infeksi TBC. Transplantasi organ, obat kortikosteroid, atau jenis obat lain merupakan beberapa contohnya.

Jangan ragu untuk segera memeriksakan diri jika mengalami gejala TBC, ya.

Ciri-ciri TBC yang bisa Anda alami adalah sakit dada, batuk berdahak yang bercampur darah, dan batuk parah yang terus berlangsung selama lebih dari tiga minggu. Demam, nafsu makan hilang, hingga berat badan turun jadi kondisi lain yang juga bisa Anda alami.

HIV

Infeksi virus AIDS yang jadi penyebab HIV juga bisa memicu infeksi TBC. Penderita HIV memiliki sistem imun tubuh yang lebih rendah daripada orang lain. hal itulah yang membuat tubuhnya lebih mudah terserang penyakit, seperti TBC.

Baca Juga: Perlu Anda waspadai, berikut beberapa gejala TBC

Penyakit ginjal

Penyakit ginjal bisa jadi salah satu penyebab penyakit TBC.

Penyakit ginjal yang sangat parah juga bisa jadi penyebab penyakit TBC, lo. Ginjal yang bertugas untuk menyaring kotoran dan menguatkan sistem imun tak bisa berfungsi secara maksimal. Akibatnya, tubuh Anda menjadi lebih rentan terinfeksi TBC.

Lingkungan sekitar Anda

Anda perlu berhati-hati terhadap lingkungan sekitar. CDC mengatakan bahwa rumah sakit atau tempat lain yang sering didatangi penderita TBC dan suatu area dengan kasus TBC tinggi bisa membuat Anda rentan menderita penyakit yang sama.

Selanjutnya: 4 Penyebab batuk berdarah ini bisa Anda alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×