Pakai 5 bahan alami ini sebagai cara memutihkan kulit

Jumat, 03 September 2021 | 11:58 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Pakai 5 bahan alami ini sebagai cara memutihkan kulit

ILUSTRASI. Yoghurt bisa Anda manfaatkan sebagai cara memutihkan kulit.

Pratayang Sabtu, 4 September 2021

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Paparan sinar matahari, polusi, dan faktor yang lain bisa jadi penyebab kulit kusam. Supaya warna kulit lebih cerah, ada banyak cara memutihkan kulit yang sebaiknya Anda coba.

Ada banyak produk pemutih kulit yang bisa Anda jadikan pilihan. Namun, terlalu lama menggunakan produk berbahan dasar kimia juga tak baik untuk kulit. Daripada menggunakan produk tersebut, tak ada salahnya untuk mencoba memanfaatkan bahan-bahan alami.

Anda bisa menggunakan beberapa jenis bahan alami di bawah ini secara rutin. Namun, tentu saja Anda perlu melakukan uji coba dulu. Jika tak ada reaksi alergi yang muncul atau kulit menjadi tak iritasi, Anda bisa melanjutkan pemakaian secara teratur.

Lemon

Pertama, The Urban Guide (urbancompany.com) merekomendasikan lemon untuk mencerahkan warna kulit. Anda hanya perlu mengaplikasikan air perasan lemon pada kulit menggunakan kapas. Mencampur air mawar dalam lemon juga bisa Anda coba agar aromanya lebih terasa.

Baca Juga: 4 Cara memutihkan gigi kuning ini memakai bahan alami

Yogurt

Jika Anda mencari cara memutihkan kulit, cobalah untuk memanfaatkan yogurt. Caranya, aplikasikan yogurt selama 10 hingga 15 menit pada kulit. Setelah itu, bersihkan sisa yogurt menggunakan tisu basah atau handuk bersih.

Jeruk

Selain lemon, jeruk jadi buah sitrus lainnya yang dapat Anda manfaatkan sebagai cara memutihkan kulit. Pertama, cobalah untuk mengonsumsi jus jeruk setiap hari. Pastikan untuk tidak menambah pemanis secara berlebihan agar manfaatnya lebih maksimal.

Kedua, campurkan air jeruk dengan 1 sdt kunyit. Aduk rata lalu aplikasikan campuran bahan alami itu pada kulit selama 20 menit. Harap berhati-hati jika ingin memakai kunyit karena jenis rempah itu bisa meninggalkan bekas warna di kulit Anda.

Baca Juga: Bahan mudah didapat, inilah 4 cara memutihkan wajah

Madu

Madu dapat Anda pakai sebagai cara memutihkan kulit.

Mengutip dari The Urban Guide, madu dapat melembabkan kulit secara optimal. Saat kelembaban kulit terjaga, warna kulit bisa terlihat lebih cerah. Anda hanya perlu mengaplikasikan madu pada kulit selama 15 menit. Kemudian, bersihkan sisa madu menggunakan air hingga bersih.

Lidah Buaya

Lidah buaya juga bisa Anda manfaatkan untuk mencerahkan warna kulit, lo. Tak hanya itu, memakai lidah buaya memberikan efek dingin di kulit sehingga regenerasi sel kulit yang rusak dan mati bisa lebih cepat.

Selanjutnya: 6 Bahan ini cocok jadi cara menghilangkan bekas jerawat

Editor: Belladina Biananda
Terbaru