Orang yang Sudah Divaksin dan Booster Berpotensi Terinfeksi Omicron, Ini Gejalanya

Rabu, 02 Februari 2022 | 10:23 WIB Sumber: Kompas.com
Orang yang Sudah Divaksin dan Booster Berpotensi Terinfeksi Omicron, Ini Gejalanya

ILUSTRASI. Omicron menunjukkan gejala yang berbeda pada orang yang sudah di vaksin dan belum di vaksin. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berbagai negara saat ini melaporkan melonjaknya kasus Covid-19 akibat varian Omicron. Pun demikian halnya dengan Indonesia. 

Varian Omicron sangat cepat menular, namun memiliki gejala yang lebih ringan dari varian sebelumnya, yaitu varian Delta. 

Gejala Omicron pada orang yang sudah vaksin

Walaupun Omicron menunjukkan gejala yang cukup ringan dibandingkan varian SARS-CoV-2 lainnya, Omicron menunjukkan gejala yang berbeda pada orang yang sudah di vaksin dan belum di vaksin. 

Hampir semua pasien yang sudah mendapatkan 2 dosis vaksin menunjukkan gejala ringan. 

Gejala ringan yang dimaksud adalah sakit tenggorokan, batuk, pilek, dan mudah lelah. Bahkan beberapa orang tidak menunjukkan gejala apapun. 

Baca Juga: Jangan Menunggu Demam, Begini 2 Gejala Awal Terpapar Varian Omicron

Dilansir dari Newsweek, tidak ada pasien Omicron yang mengalami kesulitan bernapas atau napas pendek. Gejalanya hanya menimbulkan rasa tidak nyaman, namun tidak sampai mengganggu seperti varian lain. 

Gejala ini juga berlaku sama untuk orang yang sudah mendapatkan vaksin booster atau dosis ke-3. Gejala yang ditimbulkan sangat minim. 

Gejala paling parah biasanya disertai demam atau sedikit pegal-pegal di badan. 

Baca Juga: 7 Tempat Ini Berpotensi Jadi Pusat Penularan Varian Omicron

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru