Obat tidur dari bahan herbal ini minim efek sampingnya

Jumat, 16 Juli 2021 | 13:45 WIB Sumber: Kompas.com
Obat tidur dari bahan herbal ini minim efek sampingnya

ILUSTRASI. Obat tidur dari bahan herbal ini minim efek sampingnya

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Ada beragam obat tidur di apotek yang bisa digunakan untuk mengatasi susah tidur atau imsomnia. Selain menggunakan obat dari apotek, sejumlah bahan herbal juga bisa menjadi obat tidur.

Simak daftar bahan herbal yang bermanfaat sebagai obat tidur. Namun, sebelum konsumsi obat tidur dari bahan herbal ini, Anda perlu konsultasi dengan dokter.

Sebagian orang yang bergelut dengan masalah susah tidur acapkali khawatir dengan efek samping obat tidur. Salah satu efek samping obat tidur yang bikin waswas yakni ketergantungan dan jadi makin susah tidur ketika tidak dibantu minum obat tertentu.

Susah tidur memang dapat mengganggu kesehatan fisik dan mental. Seperti badan jadi kurang bugar keesokan harinya, susah konsentrasi, sampai daya tahan tubuh melemah.

Sebagai jalan tengah solusi mengatasinya, Anda bisa menjajal beberapa obat tidur alami yang relatif minim efek samping apabila digunakan dengan tepat. Berikut beberapa bahan herbal yang bermanfaat sebagai obat tidur:

Baca juga: Mudah didapat, berikut 4 pilihan obat herbal sakit kepala

1. Chamomile

Bahan herbal pertama yang berkhasiat sebagai obat tidur adalah chamomile. Melansir Healthline, chamomile adalah jenis bunga yang aromanya punya efek menenangkan. Studi pada 2016 menyebut, minum seduhan chamomile bermanfaat untuk mengurangi gejala depresi dan meningkatkan kualitas tidur ibu yang baru melahirkan.

Selain digunakan dalam bentuk teh herbal tanpa kafein, cara menggunakan obat tidur herbal dari chamomile juga bisa dengan menghirup uap minyak esensialnya menggunakan alat oil diffuser. Atau, Anda bisa mengoleskan serta menyemprotkan minyak chamomile ke sejumlah bagian tubuh sebelum tidur. Perhatian, orang yang punya alergi dengan bunga-bungaan sebaiknya tidak menggunakan obat tidur alami ini.

2. Lavender

Bahan herbal kedua yang berkhasiat sebagai obat tidur adalah lavender. Seperti chamomile, bunga lavender juga potensial digunakan sebagai obat tidur herbal karena aromanya punya efek menenangkan.

Penelitiap pada 2015 menemukan, ibu yang baru melahirkan dan menghirup aroma lavender sebelum tidur selama delapan minggu terbukti memiliki tidur yang lebih berkualitas. Cara mengatasi susah tidur dengan obat tidur herbal dari lavender bisa dengan menghirup minyak esensial ini dari alat oil diffuser, menggosokkan minyak esensial lavender yang sudah dicampur minyak zaitun ke dahi atau dekat hidung. Atau, bisa juga dengan menyemprotkan pewangi berbasis lavender ke bantal atau kamar tidur.

Simak daftar obat tidur herbal di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru