kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Obat Sembelit Alami Untuk Dewasa & Anak-Anak, Cek Juga Cara Lain Mengatasi Sembelit


Sabtu, 25 Maret 2023 / 08:58 WIB
Obat Sembelit Alami Untuk Dewasa & Anak-Anak, Cek Juga Cara Lain Mengatasi Sembelit
ILUSTRASI. Obat Sembelit Alami Untuk Dewasa & Anak-Anak, Cek Juga Cara Lain Mengatasi Sembelit


Reporter: Adi Wikanto, Helvana Yulian | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak obat sembelit orang dewasa dan anak dari bahan alami. Selain dengan konsumsi obat sembelit dewasa alami, ada juga cara lain mengatasi sembelit pada orang dewasa.

Obat sembelit untuk orang dewasa dari bahan alami ini bisa menjadi pengobatan alternatif selain minum obat dari apotik. Jika dalam kondisi darurat atau tidak tersedia obat dokter, obat sembelit alami dan cara mengatasi sembelit pada orang dewasa ini bisa menjadi solusi.

Sembelit sering terjadi pada orang dewasa dan anak-anak. Terlebih pada bulan puasa Ramadhan, banyak orang dewasa yang mengalami sembelit karena kurangnya konsumsi sayur dan buah.

Dilansir dari Kompas.com, makan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dapat membantu mengatasi sembelit secara alami. Sembelit adalah salah satu gangguan gastrointestinal yang paling umum terjadi, di mana buang air besar (BAB) menjadi lebih jarang dan tinja menjadi sulit untuk dikeluarkan.

Menurut Healthline, tanda-tandanya meliputi BAB kurang dari 3 kali dalam seminggu, mengejan, tinja keras, sensasi BAB tidak tuntas, merasa tersumbat, atau kesulitan BAB. Tanda-tanda sembelit tersebut dapat Anda ringankan oleh beberapa makanan yang menjadi obat alami.

Baca Juga: 5 Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh Jika Diminum Saat Buka Puasa

Obat alami sembelit untuk orang dewasa dan anak bekerja dengan menambah massa dan melunakkan feses, mengurangi waktu transitnya di usus, dan meningkatkan frekuensi buang air besar.

Macam obat sembelit alami untuk dewasa dan anak-anak

Dikutip dari Prevention, obat alami untuk mengatasi sembelit pada orang dewasa dan anak-anak yang praktis dan bisa Anda coba di rumah meliputi berikut:

  • Buah pir

Obat sembelit pada orang dewasa dan anak-anak alami yang pertama adalah buah pir. Buah manis ini dikemas dengan vitamin dan antioksidan, memiliki banyak serat dan air, yang dapat membantu mengatasi sembelit. Buah pir juga rendah kalori. Satu buah pir hanya memiliki sekitar 60 kalori.

  • Semangka

Obat sembelit pada orang dewasa dan anak-anak alami yang kedua adalah semangka. Tidak memiliki banyak serat, tapi 92 persen air, membuat buah semangka bermanfaat menjadi obat alami untuk mengatasi sembelit.

Selain itu, buah ini kaya nutrisi dengan antioksidan yang membantu melindungi sel-sel Anda, serta vitamin A, B, dan C, dan likopen, yang membantu melindungi Anda dari sinar UV.

  • Pepaya

Obat sembelit pada orang dewasa dan anak-anak alami yang ketiga adalah pepaya. Pepaya adalah buah terbaik untuk menjadi obat alami sembelit Anda.

Buah ini cukup banyak mengandung air dan tinggi serat. Satu buah pepaya ukuran sedang mengandung 5 gram serat. Ini juga menawarkan dosis kalsium, magnesium, dan potasium yang baik.

  • Apel

Obat sembelit pada orang dewasa dan anak-anak alami yang keempat adalah apel. Buah apel mengandung pektin yang merupakan bentuk serat larut.

Dalam sistem pencernaan senyawa ini akan berubah menjadi asam lemak rantai pendek di usus. Asam lemak tersebut menarik air ke dalam usus besar dan membantu melunakkan kotoran Anda, membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan.

  • Anggur

Obat sembelit pada orang dewasa dan anak-anak alami yang pertama adalah buah anggur. Buah anggur mengandung banyak serat dan air. Ini cocok menjadi obat alami untuk mengatasi sembelit Anda. Saat sembelit Anda membutuhkan air yang cukup untuk membantu menyalurkan serat melalui sistem pencernaan.

  • Buah tin

Obat sembelit pada orang dewasa dan anak-anak alami yang kelima adalah buah tin. Buah tin sangat tinggi serat yang dibutuhkan Anda yang menderita sembelit.

Buah kecil ini juga memiliki enzim ficain yang mampu meningkatkan fungsi usus untuk melancarkan buang air besar. Biji chia Biji chia sangat tinggi serat, sehingga dapat membantu mengatasi sembelit. Caranya dengan meningkatkan massa feses dan medorongnya bergerak keluar melalui usus besar dan rektum.

  • Minyak zaitun

Obat sembelit pada orang dewasa dan anak-anak alami yang keenam adalah minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung lemak sehat tinggi, yang bermanfaat untuk sistem pencernaan.

Lemaknya melapisi dinding usus, sehingga memudahkannya bergerak membawa kotoran keluar melalui rektum. Anda bisa mengkonsumsi minyak zaitun sebagai tambahan di piring salad Anda.

  • Air kelapa

Obat sembelit pada orang dewasa dan anak-anak alami yang ketujuh adalah air kelapa. Minum air kelapa adalah cara hebat untuk menghidrasi tubuh dan obat alami untuk mengatasi sembelit. Air kelapa yang kaya nutrisi, mineral, dan antioksidan, akan membantu memudahkan feses terdorong melewati usus dan rektum.

  • Kopi

Obat sembelit pada orang dewasa dan anak-anak alami yang kedelapan adalah secangkir kopi. Secangkir kopi yang Anda seduh juga dapat menjadi obat alami untuk mengatasi sembelit.

Hal itu karena kopi mengandung kafein yang meningkatkan motilitas gastrointestinal. Artinya, kafein kopi membantu membuat otot usus Anda berkontraksi hingga memudahkan Anda BAB.

Cara lain mengatasi sembelit pada orang dewasa dan anak-anak

Diberitakan Momsmoney.id, salah satu tanda dari sembelit adalah feses yang keras, jarang buang air besar (BAB), hingga tidak melakukannya sama sekali. 

Dilansir dari Web MD, ada bisa mengatasi sembelit dan melancarkan BAB yang keras dengan beragam cara mudah berikut ini:

1. Memperbanyak aktivitas fisik atau olahraga

Cara mengatasi sembelit pada orang dewasa dan anak-anak yang pertama adalah memperbanyak aktivitas fisik atau olahraga. 

Olahraga atau latihan fisik dapat meningkatkan pergerakan otot di saluran cerna atau usus.

Anda dapat rutin olahraga dengan berjalan kaki di sekitar halaman rumah selama 15–30 menit setiap hari untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi keluhan susah buang air besar.

2. Mengonsumsi air putih lebih banyak

Cara mengatasi sembelit pada orang dewasa dan anak-anak yang selanjutnya adalah mengonsumsi air putih lebih banyak. 

Kurang minum air putih bisa membuat kotoran di dalam saluran cerna mengeras, sehingga sulit dikeluarkan saat BAB.

Untuk mengatasi sembelit, Anda bisa minum air putih atau air mineral setidaknya 8 gelas per hari.

Baca Juga: Kenali Manfaat Buah Mangga Madu untuk Kesehatan Tubuh

3. Menambah asupan serat

Cara mengatasi sembelit pada orang dewasa dan anak-anak yang ketiga adalah menambah asupan serat. 

Menambah asupan serat dapat memperlancar pencernaan dan membuat tekstur kotoran menjadi lebih padat, sehingga kotoran lebih cepat terdorong keluar dari usus.

Beberapa pilihan makanan berserat yang baik dikonsumsi untuk mengatasi susah buang air besar adalah buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

4. Menghindari kebiasaan menahan buang air besar

Cara mengatasi sembelit pada orang dewasa dan anak-anak yang terakhir adalah menghindari kebiasaan menahan buang air besar. 

Sediakan waktu yang cukup untuk buang air besar. Hindari terburu-buru apalagi menunda-nunda saat ingin buang air besar. Membentuk kebiasaan tersebut dapat membantu memperlancar buang air besar.

Itulah berbagai obat sembelit dewasa dan anak-anak dan cara lain mengatasi sembelit. Jika cara-cara di atas tidak berhasil mengatasi keluhan susah buang air besar yang Anda alami, sebaiknya periksakan diri ke dokter agar dapat diberikan penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×