Obat Sakit Gigi Ampuh Di Apotek & Bahan Pemutih Gigi Secara Alami

Jumat, 07 Oktober 2022 | 06:00 WIB Sumber: KONTAN.co.id,Kompas.com
Obat Sakit Gigi Ampuh Di Apotek & Bahan Pemutih Gigi Secara Alami

ILUSTRASI. Obat Sakit Gigi Ampuh Di Apotek & Bahan Pemutih Gigi Secara Alami


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Mari menyimak obat sakit gigi berlubang yang ampuh di apotek. Setelah sembuh, jangan lupa merawat gigi, termasuk memutihkan. Ada berbagai bahan alami pemutih gigi yang mudah didapatkan.

Mengenali obat sakit gigi yang ampuh di apotek penting. Pasalnya, sakit gigi adalah kondisi yang banyak dialami setiap orang.

Sakit gigi bisa timbul akibat adanya lubang maupun sebab lain. Sakit gigi pun bisa datang tak terduga. Oleh karena itu, penting memiliki persediaan obat sakit gigi yang ampuh di apotek.

Secara medis, cara mengatasi sakit gigi karena berlubang haruslah ke dokter. Namun, jika kondisi tidak memungkin, obat dari apotek yang tersedia di rumah bisa menjadi solusi sementara mengatasi sakit gigi.

Merangkum Kompas.com, berikut obat pereda nyeri paling ampuh di apotek untuk mengatasi sakit gigi yang berlubang:

Baca Juga: Cara Ampuh Meredakan Sakit Gigi, Coba 5 Obat Sakit Gigi Alami Ini

1. Ibuprofen

Ibuprofen adalah obat sakit gigi berlubang yang bisa Anda beli di apotek tanpa resep. Obat ini terkenal ampuh dan tersedia dalam berbagai sediaan, seperti tablet, kapsul, dan suspensi. Ibuprofen adalah obat tahan sakit yang termasuk ke dalam golongan obat anti-inflamasi non-steroidal.

Dosis ibuprofen untuk orang dewasa adalah 200 miligram 3 sampai 4 kali sehari setelah makan. Namun, hindari obat sakit gigi ini jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung, hipertensi, atau sedang hamil.

2. Parasetamol

Parasetamol atau acetaminophen juga bisa menjadi pilihan obat sakit gigi berlubang. Obat sakit gigi ini relatif aman bagi semua kalangan, dan tidak terlalu tajam ke lambung. Dosis parasetamol bagi orang dewasa adalah 500 miligram setiap 6 jam sekali sehabis makan.

3. Asam menefamat

Asam mefenamat adalah obat sakit gigi berlubang yang ampuh. Anda bisa mengonsumsi obat sakit gigi ini dengan dosis dewasa 500 miligram 3 kali sehari setelah makan. Namun, hindari mengonsumsi obat ini jika Anda memiliki gangguan ginjal dan hati atau memiliki riwayat sakit lambung dan saluran pencernaan.

4. Natrium diklofenak

Natrium diklofenak menjadi pilihan obat yang bagus jika sakit gigi berlubang Anda menyebabkan rasa berdenyut. Natrium diklofenak memiliki efek anti-inflamasi yang kuat dan bisa meredakan sakit gigi berdenyut. Konsumsi obat sakit gigi ini dengan dosis dewasa 50 miligram 2 kali sehari setelah makan.

Pemutih gigi alami

Sedangkan untuk memutihkan gigi, Anda bisa menggunakan sejumlah bahan alami. Bahan pemutih gigi secara alami bisa didapatkan dengan mudah karena sering sebagai bahan memasak.

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, berikut bahan pemutih gigi alami:

Minyak kelapa

Mengutip dari Byrdie, minyak kelapa adalah salah satu bahan pemutih gigi alami. Jenis minyak itu mampu membersihkan bakteri, zat racun, dan plak yang menempel di gigi. Akhirnya, gigi terlihat lebih cerah dan terawat.

Anda hanya perlu berkumur dengan minyak kelapa selama 15 hingga 20 menit. Untuk mendapat hasil yang maksimal, Anda bisa melakukannya setiap hari. Selain digunakan untuk berkumur, Anda juga dapat menggunakannya untuk menyikat gigi.

Baking soda

Bahan pemutih gigi alami yang kedua adalah baking soda. Baking soda memiliki pH yang berlawanan dengan keasaman sehingga efektif menghilangkan noda yang menempel di gigi.

Selain mencerahkan warna gigi, baking soda juga mengandung antibakteri sehingga mampu mencegah infeksi penyakit gigi dan mulut.

Anda hanya perlu mencampur baking soda dengan sedikit air lalu menggunakannya untuk sikat gigi. Segera hentikan pemakaian jika muncul sensasi terbakar atau iritasi.

Cuka apel

Cuka apel termasuk bahan alami bahan pemutih gigi alami. Namun, Anda perlu berhati-hati saat menggunakan cuka apel karena bahan alami tersebut memiliki kandungan zat asam yang cukup tinggi.

Jika Anda menggunakannya dengan cara yang salah, enamel gigi Anda bisa rusak. Cara membuat gigi putih bisa Anda mulai dengan mencampur setengah sendok cuka apel dalam segelas air.

Gunakan sikat gigi untuk mengaplikasikan cuka apel di seluruh bagian gigi lalu kumur dengan air. Lanjutkan cara membersihkan gigi kuning dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi biasa lalu kumur.

Baca Juga: Selain untuk kompos, kulit pisang juga bermanfaat bagi kesehatan, ini caranya

Garam

Garam juga bisa Anda manfaatkan sebagai bahan pemutih gigi alami. Caranya, berkumurlah dengan air garam secara teratur. Selain memutihkan gigi, berkumur dengan air garam juga efektif mencegah infeksi bakteri penyebab penyakit gigi dan mulut.

Pisang

Tahukah Anda bahwa pisang bisa dimanfaatkan sebagai bahan pemutih gigi alami. Bagian pisang yang perlu Anda gunakan sebagai pemutih gigi alami adalah kulitnya.

Cukup gosokkan kulit pisang bagian dalam pada gigi selama minimal dua menit. Magnesium, kalium, dan mineral lain yang terkandung dalam kulit pisang efektif menghilangkan noda yang menempel di permukaan gigi.

Itulah obat sakit gigi yang ampuh di apotek dan bahan alami pemutih gigi. Ingat, rutinlah ke dokter gigi untuk perawatan kesehatan gigi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru