Ngorok? Kenali 7 Penyebab Tidur Mendengkur yang Perlu Anda Ketahui

Rabu, 25 Mei 2022 | 10:36 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Ngorok? Kenali 7 Penyebab Tidur Mendengkur yang Perlu Anda Ketahui

ILUSTRASI. Penyebab tidur mendengkur.


KONTAN.CO.ID - Tidur mendengkur atau yang dikenal dengan istilah ngorok mungkin adalah yang lumrah bagi sebagian orang. Namun, tahukah Anda apa penyebab tidur mendengkur alias ngorok tersebut?

Umumnya, ngorok dikaitkan dengan kondisi badan yang capek atau tidur pulas. Namun, ternyata penyebab tidur mendengkur juga bisa dikarenakan oleh penyempitan saluran udara di hidung atau tenggorokan. 

Suara dengkuran juga terkadang bisa mengganggu seseorang. Selain itu, walau hal tersebut terbilang wajar ada beberapa penyebab yang haru Anda ketahui.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru yang Mudah untuk Anda Lakukan

Pasalnya, mungkin saat Anda tidur mendengkur bisa saja terjadi gangguan atau gelaja dari sebuah penyakit. 

Menurut Hello Sehat, berikut penyebab tidur mendengkur di antaranya: 

Anatomi Tubuh

Penyebab tidur mendengkur yang pertama adalah anatomi tubuh. Hal tersebut dikarenakan saat tidur penafasan di tenggorokan menyepit.

Jika bagian-bagian tubuh seperti tenggorokan atau rahang yang tidak normal, kemungkinan besar saat tidur akan mengdengkur. Dan hal tersebut wajar terjadi. 

Kelebihan Berat Badan 

Kelebihan berat badan atau obesitas juga dapat menjadi penyebab tidur Anda mendengkur. Pasalnya, jika ada penumpumkan lemak khususnya di leher akan mempengaruhi pernafasan saat tidur yang mana akan menimbulkan dengkuran.

Baca Juga: Waspada 6 Penyebab Vertigo yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Bertambahnya Usia

Semakin bertambahnya usia kemungkinan seseorang saat tidur cenderung mendengkur. Hal tersebut dikarenakan kondisi otot yang sudah mengendur khususnya di area leher atau otot di saluran pernafasan. 

Gangguan Pernafasan

Adanya masalah atau gangguan pernafasan bisa menjadi penyebab mendengkur. Contohnya seperti pilek, alergu atau sinusitis. 

Masalah penafasan tersebut dapat menganggu aliran udara saat tidur sehingga menimbulkan suara dengkuran. 

Mengkonsumsi Obat Tertentu

Efek samping dari obat-obatan bisa juga menjadi faktor penyebab mendengkur. Beberapa obat seperti obat penenang dapat mengakibatkan otot di tenggoronkan melelmata dan menyempit.

Baca Juga: Catat! 5 Tanda-Tanda Hamil yang Jarang Disadari Kebanyakan Orang

Mengkonsumsi Rokok dan Alkohol

Kebiasaan mengkonsumsi rokok dan alkohol juga dapat menjadi penyebab mendengkur saat tidur. Efek yang ditimbulkan jika mengkonsumi rokok dan alkohol dapat mengendurkan otot di tenggorokan. 

Selain itu, merokok juga bisa menimbulkan iritasi di saluran pernafasan serta kuran baik bagi kesehatan organ tubuh lainnya. 

Obstructive Sleep Apnea (OSA) 

Melansir dari Hello Sehat, Obstructive Slee Apnea (OS) merupakan kondisi dimana terhentinya udara saat itu selama 10 detik sehingga  menyebabkan menurun aliran udara. 

Aliran udara yang menurunlah yang membuat seseorang tidur mendengkur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru