Nangka Baik atau Buruk Dikonsumsi Penderita Diabetes?

Selasa, 21 Juni 2022 | 13:55 WIB   Reporter: Aulia Fitri Herdiana
Nangka Baik atau Buruk Dikonsumsi Penderita Diabetes?

ILUSTRASI. Penderita diabetes boleh mengonsumsi nangka dalam jumlah sedang.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penderita diabetes tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan. Buah nangka baik atau buruk dikonsumsi penderita diabetes? 

Nangka merupakan buah satu musim yang cukup populer di tanah air. Nangka yang matang sempurna memiliki buah yang manis. 

Baca Juga: Ini Makanan Berserat Tinggi untuk Meningkatkan Kesehatan Usus dan Mencegah Diabetes

Sedangkan, nangka yang mentah buahnya tetap bisa dikonsumsi dengan dijadikan sayur lodeh. 

Mengutip dari Healthline, buah nangka kaya akan nutrisi. Dalam satu cangkir atau setara 150 gram buah nangka mengandung: 

  • Kalori 143 
  • Lemak 1 gram 
  • Protein 3 gram 
  • Karbohidrat 35 gram 
  • Serat 2 gram 
  • Vitamin B6
  • Vitamin C 

Nangka kerab dijadikan musuh oleh penderita diabetes. Benarkah nangka bisa memperburuk kesehatan penderita diabetes? 

Nangka dan diabetes 

Nangka memiliki indeks glikemik sedang yakni sekitar 50-60. Sekedar info, indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat makanan menyebabkan kadar gula darah meningkat. 

Kandungan protein dan serat dalam nangka membuat indeks glikemik menjadi lebih rendah, karena membantu memperlambat pencernaan serta menjaga kadar gula darah agar tidak naik dengan cepat. 

Selain itu, nangka memiliki sifat antioksidan yang kerab dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis. 

Dalam beberapa penelitian, ekstrak nangka telah terbukti mampu menurunkan kadar gula darah. Namun, sebagian besar penelitian ini dilakukan pada hewan dan menggunakan ekstrak dari daun dan batang nangka. 

Penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk membuktikan hubungan antara nangka dan penderita diabetes. 

Aturan konsumsi nangka pada penderita diabetes 

Penderita diabetes masih boleh mengonsumsi nangka. Dengan catatan, Anda memakannya dalam porsi sedang. 

Anda bisa mengonsumsi nangka sebanyak setengah cangkir atau setara dengan 75 gram. Asal tahu saja, 75 gram nangka mengandung sekitar 18 gram karbohidrat. 

Baca Juga: Selain Buah Kering, Ini Makanan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes dan Ginjal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru