kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Muncul uban di usia muda? Ini 5 faktor penyebabnya


Rabu, 03 Februari 2021 / 13:52 WIB
Muncul uban di usia muda? Ini 5 faktor penyebabnya
ILUSTRASI. Ada banyak faktor yang menyebabkan kemunculan uban di usia muda.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski termasuk salah satu tanda penuaan, uban juga bisa muncul pada Anda yang masih berusia muda. Untuk mengatasinya secara efektif, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan kemunculan uban di usia muda.

Warna rambut Anda dipengaruhi oleh pigmen sel bernama melanin yang diproduksi dalam folikel rombut. Seiring bertambahnya usia, produksi melanin bisa berkurang. Penurunan melanin juga dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan yang lain.

Mengutip dari Healthline (healthline, selain usia, uban dapat muncul karena faktor genetik, stres yang sedang dirasakan, penyakit autoimun, dan lain sebagainya. Jika Anda mendapati perubahan warna rambut tanpa alasan yang jelas, segera periksakan diri ke dokter.

Genetik

Uban di usia muda dapat muncul karena faktor keturunan atau genetik. Jika genetik adalah penyebab munculnya uban, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengganti warna rambut.

Baca Juga: 5 Cara menghilangkan kutu rambut, bisa pakai bahan alami

Stres

Setiap orang pasti pernah merasakan stres. Tidak hanya menyebabkan kemunculan uban, stres juga dapat memicu gangguan kesehatan yang lain. Mulai dari gangguan tidur, gangguan kecemasan, tekanan darah tinggi, dan lain sebagainya.

Penyakit Autoimun

Tak hanya orang tua, penyakit autoimun bisa menyebabkan uban di usia muda.

Healthline mengatakan bahwa penyakit autoimun dapat meningkatkan kemunculan uban. Sistem imun tubuh sebenarnya bertugas untuk melindungi diri Anda dari serangan penyakit. Namun, karena mengalami gangguan, sistem imun tubuh justru menyerang tubuh Anda sendiri.

Beberapa jenis penyakit autoimun yang ditandai dengan munculnya uban adalah alopesia atau vitiligo. Segera periksakan diri ke dokter supaya Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Kekurangan Vitamin B12

Uban di usia muda juga bisa muncul karena tubuh kekurangan vitamin B12, lo. Selain memberikan energi, vitamin B12 dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan pertumbuhan dan warna rambut. Saat jumlahnya di bawah batas normal, tentu saja fungsi itu tidak bisa berjalan maksimal.

Baca Juga: 4 Rekomendasi masker rambut dari bahan alami

Merokok

Selain berpengaruh buruk pada kesehatan paru-paru dan jantung, kebiasaan merokok pun dapat menyebabkan pertumbuhan uban meski Anda belum berusia tua. Merokok dapat mempersempit pembuluh darah sehingga aliran oksigen ke rambut pun ikut terganggu.

Zat racun yang terkandung dalam rokok pun berpengaruh buruk pada folikel rambut. Tak hanya itu, kebiasaan merokok pun dapat membuat rambut lebih mudah rontok daripada biasanya.

Selanjutnya: Cari cara menghitamkan rambut? Pakai bahan alami ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×