4 Rekomendasi masker rambut dari bahan alami

Selasa, 06 Oktober 2020 | 13:51 WIB   Reporter: Belladina Biananda
4 Rekomendasi masker rambut dari bahan alami

ILUSTRASI. Masker rambut perlu Anda gunakan agar tak ada masalah yang muncul./Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/13/06/2011.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak masalah rambut yang bisa dialami oleh seseorang. Mulai dari rambut kering, bercabang, sulit diatur, dan lain sebagainya. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mencoba masker rambut dari bahan-bahan alami berikut ini, lo.

Rambut Kering

Bagi pemilik rambut kering, masker yang terbuat dari madu, telur, dan cuka apel adalah jawabannya. Bahan-bahan tersebut efektif untuk melembabkan dan membuat rambut berkilau.

Cara yang direkomendasikan Good House Keeping, yaitu campurkan 1 sdt madu, 1 telur, dan 1 sdm cuka apel dalam sebuah wadah. Aplikasikan masker pada rambut selama 30 hingga 40 menit lalu bilas menggunakan air. Anda bisa mengurangi atau menambah resep masker sesuai dengan panjang rambut.

Ketombe

Selain membuat gatal, ketombe yang terlihat orang lain juga bisa membuat seseorang menjadi tak percaya diri. Anda bisa mengatasi masalah itu dengan memakai masker yang terbuat dari minyak kelapa, gula, dan essential oil.

Baca Juga: 4 Cara meluruskan rambut yang mudah dilakukan

Pertama, campurkan 2 sdm minyak kelapa, 4 sdt gula, 5 tetes minyak pepermin, dan 2 tetes tea tree oil. Aplikasikan masker yang sudah teraduk rata pada rambut. Anda perlu memijat kepala selama satu hingga tiga menit. Jepit rambut selama Anda mandi kemudian bilas menggunakan air.

Memanjangkan Rambut

MAsker rambut dari kayu manis bisa memanjangkan rambut.

Masker rambut yang terbuat dari kayu manis dan minyak kelapa bisa Anda manfaatkan untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Good House Keeping mengatakan, antimikroba dalam kayu manis mampu memperlancar sirkulasi darah sehingga rambut bisa panjang lebih cepat.

Caranya, campurkan kayu manis dan minyak kelapa dengan porsi yang sama. Aplikasikan masker pada rambut dan pijat kulit kepala. Diamkan masker selama 30 hingga 45 menit lalu bilas dengan air. Anda bisa menggunakan masker ini minimal sekali dalam seminggu.

Baca Juga: 5 Cara memanjangkan rambut yang bisa dicoba

Rambut Berminyak

Rambut berminyak bisa memperburuk tampilan karena mudah terlihat lepek. Minyak berlebih pada rambut bisa Anda atasi dengan memakai masker yang terbuat dari putih telur dan air lemon.

Campurkan satu putih telur dengan air perasan setengah lemon. Gunakan campuran itu pada rambut selama 30 menit. Good House Keeping berkata, semakin lama masker digunakan, maka hasilnya akan lebih bagus. Setelah itu, bilas menggunakan air hangat.

Selanjutnya: 4 Cara menghilangkan uban secara alami

Editor: Belladina Biananda


Terbaru