kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara menghilangkan kutu rambut, bisa pakai bahan alami


Rabu, 07 Oktober 2020 / 09:10 WIB
5 Cara menghilangkan kutu rambut, bisa pakai bahan alami


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Munculnya kutu rambut membuat kepala gatal sehingga mengganggu kegiatan sehari-hari. Cara menghilangkan kutu rambut berikut patut Anda coba untuk mengatasi masalah itu. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Mulai dari menggunakan obat yang diresepkan dokter hingga pakai bahan alami.

Wet-Combing

Mengutip dari Healthline, wet-combing bisa membersihkan kutu dengan cara menyisir rambut saat basah. Dengan cara ini, kutu semakin terlihat sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. Alat dan bahan yang Anda perlukan adalah kondisioner dan sisir kutu.

Setelah membasahi rambut, gunakan kondisioner di seluruh helai rambut. Kemudian sisir rambut menggunakan sisir kutu yang telah Anda sediakan. Jika diperlukan, Anda bisa memakai kaca pembesar agar kutu semakin nampak jelas.

Essential Oil

Cara menghilangkan kutu rambut efektif lainnya adalah menggunakan essential oil. Namun, tidak semua essential oil ramah untuk kulit seseorang.

Sebelum menggunakan essential oil untuk membersihkan kutu rambut, coba essential oil di bagian kulit lain. Jika tidak ada iritasi apa pun, maka essential oil aman untuk digunakan.

Baca Juga: 4 Rekomendasi masker rambut dari bahan alami

Pertama, campurkan 2 ons olive oil dengan 15 hingga 20 tetes essential oil pilihan Anda. Setelah itu, aplikasikan pada kulit kepala dan diamkan minimal 12 jam. Selanjutnya, sisir rambut menggunakan sisir kutu lalu bersihkan dengan sampo. Anda perlu mengulangi langkah-langkah tersebut sampai kutu hilang.

Pakai Blow Dryer

Menggunakan uap panas adalah salah satu cara efektif untuk membersihkan telur kutu. Health mengatakan, blow dryer mampu menghilangkan hampir 98% telur kutu dan membersihkan 55% kutu. Anda bisa menggunakan pengering rambut tersembut setelah mencuci rambut menggunakan sampo.

Coba Petroleum Jelly

Cara menghilangkan kutu rambut selanjutnya juga bisa menggunakan petroleum jelly. Belum banyak penelitian yang membuktikan hal ini, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba, kan?

Baca Juga: Cara menghilangkan uban secara alami saat usia masih mudah

Pertama, aplikasikan petroleum jelly di rambut dan kulit kepala. Setelah itu, tutup rambut menggunakan shower cap dan biarkan selama semalam. Di pagi hari, cuci rambut dan sisir menggunakan sisir kutu. Anda bisa melakukan cara ini lagi setelah satu minggu.

Bersihkan Barang-Barang

Membersihkan barang-barang yang memiliki kemungkinan besar terkena kutu merupakan hal penting lain yang perlu dilakukan. Tujuannya agar kutu tak kembali menyebar. Beberapa jenis barang yang harus segera dibersihkan adalah topi atau penutup kepala lainnya, sarung bantal, sisir, dan barang yang lain.

Selanjutnya: 5 Cara memanjangkan rambut yang bisa dicoba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×