Mudah dilakukan, inilah cara menurunkan gula darah secara alami

Selasa, 08 September 2020 | 11:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mudah dilakukan, inilah cara menurunkan gula darah secara alami

ILUSTRASI. Cara menurunkan gula darah perlu dilakukan untuk menghindari diabetes.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gula darah tinggi terjadi saat tubuh tak bisa memindahkan gula dalam darah ke sel. Cara menurunkan gula darah perlu segera dilakukan agar Anda tak mengalami penyakit diabetes.

Mengutip dari Healthline, sebanyak 12% - 14% orang dewasa Amerika menderita penyakiti diabetes mellitus tipe 2. Sedangkan 37% - 38% diklasifikasikan mengalami prediabetis.

Artinya, separuh orang Amerika mengalami diabetes dan prediabetes. Mengubah pola hidup merupakan cara menurunkan gula darah yang dapat Anda lakukan.

Olahraga Rutin

Cara menurunkan gula darah yang pertama adalah dengan rutin olahraga karena bisa mengurangi berat badan. Sensitivitas insulin juga ikut meningkat. Artinya, sel lebih mudah menggunakan gula dalam aliran darah.

Baca Juga: 4 Jenis makanan ini perlu diwaspadai karena memicu diabetes

Olahraga juga membantu otot menggunakan gula darah untuk energi dan kepadatan otot. Beberapa olahraga yang dapat digunakan sebagai cara menurunkan gula darah adalah angkat beban, lari, bersepeda, menari, berenang, dan lain-lain.

Hindari Dehidrasi

Cara menurunkan gula darah selanjutnya adalah dengan menghindari dehidrasi. Banyak minum air putih mempermudah ginjal mengeluarkan gula darah berlebih melalui urin.

Salah satu penelitian menunjukkan, partisipan yang mengonsumsi lebih banyakk air putih memiliki resiko gula darah tinggi lebih rendah. Hindari mengonsumsi makanan atau minuman dengan pemanis buatan karena dapat memperparah jumlah gula darah.

Kelola Stres dengan Baik

Healthline mengatakan bahwa stres dapat mempengaruhi jumlah gula darah dalam tubuh. Hormon bernama glukagon dan kortisol diproduksi saat stres.
Hormon tersebut dapat meningkatkan jumlah gula darah. Anda dapat melakukan cara menurunkan gula darah dengan olahraga, meditasi, atau relaksasi.

Baca Juga: Penyebab dan gejala diabetes yang bisa terjadi

Cukup Tidur

Tak hanya digunakan sebagai cara menurunkan gula darah, cukup tidur juga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Kebiasaan kurang tidur dan istirahat menyebabkan sensitivitas insulin terganggu.

Keinginan makan dan berat badan juga bisa naik karena waktu tidur yang tak terpenuhi. Kurang tidur menyebabkan hormon pertumbuhan berkurang dan kortisol meningkat. Kedua hal itu berperan dalam jumlah gula darah dalam tubuh.

Konsumsi Cuka Apel

Cara menurunkan gula darah lainnya yang direkomendasikan Healthline adalah menggunakan cuka apel. Cuka apel dapat mempengaruhi respons tubuh terhadap gula dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Anda bisa mengonsumsi cuka apel dengan mencampurkannya bersama salad. Cara lain adalah melarutkan 2 sdm cuka apel dalam 0.2 L air. Jangan lupa untuk berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum melakukan cara menurunkan gula darah ini.

Selanjutnya: Penyebab dan gejala diabetes yang bisa terjadi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru