kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45950,90   11,20   1.19%
  • EMAS1.145.000 1,33%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Jenis makanan ini perlu diwaspadai karena memicu diabetes


Sabtu, 05 September 2020 / 05:05 WIB
4 Jenis makanan ini perlu diwaspadai karena memicu diabetes


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  Pola makan juga menjadi faktor penting yang turut memicu risiko diabetes. Oleh karena itu, menjaga pola makan sehat adalah kunci untuk mengendalikan gejala sekaligus mencegah terjadinya risiko diabetes.

Laporan Mayo Clinic juga mengatakan, pola makan seimbang dan teratur adalah cara terbaik untuk mencegah terjadinya risiko diabetes.

Pola makan seimbang juga membantu tubuh mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan agar bekerja secara efektif. Tanpa nutrisi yang seimbang, tubuh akan rentan terhadap penyakit, infeksi, mudah lelah, dan peforma menurun.

Untuk menerapkan pola makan ini, kita harus memastikan kebutuhan kalori harian kita berasal dari bahan makanan sehat seperti buah, sayur, biji-bijian, kacang-kacangan, dan protein tanpa lemak.

Baca Juga: Kulit ketiak hitam? Ini bahan alami yang bisa mengobati kulit ketiak hitam

Selain itu, kita juga harus menghindari berbagai jenis makanan yang bisa memicu naiknya risiko diabetes. Berikut empat jenis makanan yang bisa memicu naiknya risiko diabetes:

1. Karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan, seperti nasi putih dan roti, adalah jenis makanan yang rendah nutrisi namun mengandung gula tinggi.

Pakar pengobatan holistik dari California, Isaac Eliaz, juga mengatakan jenis makanan tersebut merupakan penyebab utama diabetes.

"Kalori tanpa nutrisi degan kandungan gula tinggi adalah pemicu utama diabetes. Sebisa mungkin, hindari makanan ini," ucap dia.

Karbohidrat olahan juga mudah dicerna sehingga dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan kadar insulin yang memicu diabetes tipe 2.

Baca Juga: Awas! Mengonsumsi kunyit secara berlebihan berdampak buruk untuk kesehatan tubuh Anda

Riset 2007 yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine juga menunjukan konsumsi karbohidrat olahan yang tinggi dapat memicu peningkatan diabetes tipe 2 sebesar 21%.

Sebaiknya kita memilih asupan karbohidrat utuh seperti sayur, buah, dan biji-bijian.




TERBARU
Kontan Academy
Negotiation For Everyone Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×