Kesehatan Umum

​Moms, inilah 9 cara mengatasi morning sickness

Selasa, 17 November 2020 | 07:39 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​Moms, inilah 9 cara mengatasi morning sickness

ILUSTRASI. ilustrasi ibu hamil


KONTAN.CO.ID - Morning sickness sangat umum dialami oleh ibu hamil. Anda tidak perlu khawatir dengan morning sickness selama tidak mengalami gejala yang parah seperti terus-menerus muntah, penurunan berat badan yang signifikan, atau tanda-tanda dehidrasi. 

Jika gejala Anda tidak terlalu mengganggu, maka ada beberapa cara mengatasi morning sickness yang bisa dilakukan di rumah. 

Namun, jika gejala Anda parah, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengunjungi dokter untuk diresepkan obat yang mampu mengatasi morning sickness. 

Salah satu hal terpenting bagi ibu hamil yang mengalami morning sickness adalah dukungan emosional oleh keluarga dan pasangannya. 

Baca Juga: Haid tidak teratur bisa disebabkan oleh 5 hal berikut ini

9 Cara mengatasi morning sickness


Cara mengatasi morning sickness

Ada beberapa cara untuk mengatasi mual dan muntah bagi penderita morning sickness ringan yang tidak mempengaruhi kualitas hidup. Dirangkum dari The New York Times, berikut 9 cara mengatasi morning sickness

1. Makan makanan yang tidak memiliki bau dan rasa yang kuat

Saat mengalami morning sickness disarankan untuk makan makanan yang lebih tinggi protein dan karbohidrat serta rendah lemak.  Sebisa mungkin hindarilah makanan yang memiliki aroma dan rasa yang kuat. Cobalah menu diet seperti pisang, nasi, dan roti panggang.

2. Makan dalam porsi kecil, sering sepanjang hari 

Para ahli merekomendasikan untuk makan dalam porsi kecil enam kali sehari sepanjang hari, daripada tiga kali makan besar untuk mengurangi morning sickness.

Selain itu, juga disarankan untuk memakan makanan berat dan minum cairan pada waktu yang berbeda. Contohnya, jangan duduk untuk makan sandwich dan segelas susu dalam waktu bersamaan. 

Baca Juga: 4 Tanda-tanda hamil, ada yang Anda rasakan?

3. Jangan makan terlalu banyak dan terlalu sedikit

Makan terlalu banyak dan terlalu sedikit dapat memperparah morning sickness. Selain itu, perut kosong justru bisa memperparah rasa mual.  Cobalah untuk setidaknya makan makanan ringan atau makan dalam porsi kecil. 

4. Hindari pemicu morning sickness

Makanan pedas serta bau menyengat seperti parfum, pembersih kimiawi, dan asap adalah pemicu mual yang umum. Untuk itu, sebisa mungkin hindarilah pemicu mual. 

Baca Juga: Wow! Berikut manfaat wedang jahe merah untuk kesehatan tubuh Anda

Editor: Virdita Ratriani


Terbaru