kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Minuman Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi, Apa Saja Efek Kolesterol Bagi Kesehatan?


Sabtu, 04 Maret 2023 / 05:05 WIB
Minuman Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi, Apa Saja Efek Kolesterol Bagi Kesehatan?


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kolesterol tinggi harus diturunkan agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan. Apa saja efek kolesterol tinggi untuk kesehatan? Lalu, apa minuman yang bisa menurunkan kolesterol tinggi?

Cara menurunkan kolesterol tinggi bisa dilakukan secara alami. Namun ingat, cara menurunkan kolesterol tinggi ini bukan untuk menggantikan obat kolesterol dari dokter.

Disari dari Medical News Today, KHealth, dan Healthifyme, berikut minuman penurun kolesterol tinggi:

1. Teh hijau

Minuman penurun kolesterol tinggi yang pertama adalah teh hijau. Teh hijau mengandung katekin dan senyawa antioksidan lainnya yang cukup tinggi. Itu yang berguna untuk membantu menurunkan kolesterol LDL dan kolesterol total. Teh hitam juga bisa menjadi minuman untuk menurunkan kolesterol tinggi, tetapi pada tingkat yang lebih rendah dari teh hijau.

2. Teh jahe

Minuman penurun kolesterol tinggi yang kedua adalah teh jahe. Penelitian pada 2013 menunjukkan bahwa jahe mengaktifkan enzim yang meningkatkan penggunaan kolesterol dalam tubuh dan menurunkan kadarnya dalam darah. Penggunaan herbal ini dapat menurunkan trigliserida, kolesterol LDL, dan kolesterol total.

3. Susu kedelai

Minuman penurun kolesterol tinggi yang ketiga adalah susu kedelai. Susu kedelai rendah lemak jenuh yang bisa membantu Anda mengelola kadar kolesterol. Susu ini baik untuk menggantikan produk susu atau krimm tinggi lemak. Disarankan minum susu kedelai 250 ml setiap hari sebagai minuman untuk menurunkan kolesterol tinggi.

4. Susu oat

Minuman penurun kolesterol tinggi yang keempat adalah susu oat. Oat bermanfaat untuk membantu menurunkan kolesterol, termasuk dalam bentuk susu.

Oat mengandung beta glukan, yang bermanfaat untuk menghambat penyerapan kolesterol sekaligus membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Disarankan susu oat diminum 250 ml per hari. Porsi ini menyediakan 1 gram beta glukan.

5. Jus delima

Minuman penurun kolesterol tinggi yang kelima adalah jus delima. Delima memiliki sifat antioksidan lebih banyak dari pada jus buah lainnya, seperti bluberi dan jeruk.

Buah berwarna merah ini mengandung katekin dengan sifat antioksidan tinggi. Kandungan antioksidannya 3 kali lebih banyak dari pada teh hijau. Ini minuman alami yang ideal untuk menurunkan kadar kolesterol. Disarankan minum 1 gelas 1-2 kali dalam seminggu.

6. Jus beri

Minuman penurun kolesterol tinggi yang keenam adalah jus beri. Beri kaya antioksidan dan serat, keduanya membantu menghilangkan kolesterol dalam darah.

Antosianin adalah jenis antioksidan tinggi dalam buah beri yang menjadi agen untuk membantu menurunkan tingkat kolesterol.

7. Jus ceri

Minuman penurun kolesterol tinggi yang ketujuh adalah jus ceri. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi rutin jus ceri pada orang dewasa membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Jus ceri mengandung sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang tinggi. Sifat tersebut yang diperkirakan berkontribusi menurunkan kolesterol LDL.

8. Jus tomat

Minuman penurun kolesterol tinggi yang kedelapan adalah jus tomat. Jus tomat kaya serat yang bisa berguna menjadi minuman untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Tomat kaya senyawa yang disebut likopen, yang dapat meningkatkan kadar lipid dan mengurangi kolesterol LDL yang jahat. Penelitian menunjukkan bahwa mengolah tomat menjadi jus dapat meningkatkan kandungan likopennya.

9. Jus jeruk

Minuman penurun kolesterol tinggi yang kesembilan adalah jus jeruk. Jeruk kaya antioksidan dan berbagai nutrisi yang bisa membantu Anda menurunkan kolesterol tinggi. Menurut penelitian, 100 persen air jeruk dapat menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL serta meningkatkan kolesterol HDL.

10. Minuman kakao

Minuman penurun kolesterol tinggi yang ke-10 adalah minuman kakao. Kakao adalah bahan utama cokelat hitam. Ini mengandung flavanol, jenis antioksidan yang membantu mengelola keseimbangan kadar kolesterol.

Kakao juga mengandung asam lemak tak jenuh tingkat tinggi yang dapat membantu. Studi 2015 menemukan hasil yang baik terhadap kolesterol tinggi dengan minum minuman kakao 450 mg 2 kali sehari.

Untuk mengetahui minuman ini bermanfaat sebagai penurun kolesterol, Anda perlu rajin cek kadarnya secara berkala. Merujuk Kementerian Kesehatan RI, kolesterol normal adalah

  • Kolesterol total di bawah 200 mg/dL
  • Kolesterol LDL (kolesterol jahat) di bawah 130-159 mg/dL
  • Trigliserida di bawah 150 mg/dL
  • Kolesterol HDL (kolesterol baik) di atas 40 mg/dL

Efek kolesterol tinggi

Efek kolesterol tinggi menimbulkan berbagai masalah kesehatan pada wanita dan pria. Lalu, minuman apa saja yang bisa menurunkan kolesterol tinggi.

Efek kolesterol tinggi pada wanita dan pria yang banyak diketahui adalah mengganggu kesehatan jantung. Selain itu, ada efek kolesterol tinggi lainnya pada wanita maupun pria.

Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan di dalam darah dan sel. Sebagian besar kolesterol diproduksi oleh hati, sisanya berasal dari makanan. 

Kolesterol terbagi menjadi dua, yakni low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL).  LDL adalah kolesterol jahat yang tidak sehat. Penumpukan koleterol jahat dapat menimbulkan timbunan lemak yang disebut plak. 

Sementara itu, HDL adalah kolesterol baik yang sehat. Kolesterol baik bertugas mengangkut kelebihan kolesterol dari arteri ke hati. 

Baca Juga: 7 Menu Sarapan yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Kolesterol

Sebenarnya, kolesterol bukanlah sesuatu yang buruk. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membuat hormon, vitamin D, dan cairan pencernaan. 

Namun, memiliki kolesterol jahat yang tinggi bisa menjadi masalah. Seiring waktu, kolesterol tinggi dapat merusak arteri dan meningkatkan risiko penyakit jantung serta stroke. 

Efek kolesterol tinggi pada wanita dan pria

Dilansir dari Healthline, berikut adalah efek kolesterol tinggi pada wanita dan pria yang perlu diwaspadai: 

1. Efek kolesterol tinggi pada sistem kardiovaskular dan peredaran darah 

Efek kolesterol tinggi pada wanita dan pria yang pertama adalah gangguan pada sistem kardiovaskuler dan peredaran darah. Ketika tubuh memiliki banyak kolesterol jahat, ia dapat menumpuk di arteri, menyumbatnya, dan membuatnya kurang fleksibel. 

Pengerasan arteri, yang disebut aterosklerosis, membuat darah tidak mengalir dengan baik sehingga jantung harus bekerja lebih keras untuk mendorong aliran darah melewatinya. 

Semakin lama, tumpukan plak di arteri akibat kolesterol tinggi dapat berkembang menjadi penyakit jantung.  Penumpukan plak di arteri koroner dapat mengganggu aliran darah yang kaya akan oksigen ke otot jantung. 

Kondisi ini akan memicu kondisi yang disebut angina. Angina adalah gangguan aliran darah sementara dan merupakan peringatan akan risiko serangan jantung. 

2. Efek kolesterol tinggi pada sistem saraf 

Efek kolesterol tinggi pada wanita dan pria yang kedua adalah gangguan sistem saraf. Tubuh membutuhkan beberapa kolesterol untuk menjaga fungsi otak agar tetap optimal, namun kolesterol tinggi pun dapat merusak. 

Kelebihan kolesterol di arteri dapat menyebabkan stroke, yakni gangguan aliran darah yang dapat merusak bagian otak, menyebabkan hilangnya memori, gerakan, sulit menelan, sulit berbicara, dan fungsi lainnya. 

3. Efek kolesterol tinggi pada sistem pencernaan 

Efek kolesterol tinggi pada wanita dan pria yang ketiga adalah mengganggu sistem pencernaan. Dalam sistem pencernaan, kolesterol sangat penting untk produksi empedu, yakni zat yang membantu tubuh memecah makanan dan menyerap nutrisi di usus. 

Namun, kolesterol tinggi dalam empedu dapat membentuk kristal. Kristal tersebut akan berkembang menjadi batu keras di kantong empedu dan bisa terasa sangat menyakitkan.

Itulah efek kolesterol tinggi bagi kesehatan wanita dan pria serta minuman penurun kolesterol yang perlu dikonsumsi secara rutin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "10 Minuman untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi", dan "Efek Kolesterol Tinggi pada Tubuh yang Perlu Diwaspadai",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×