kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Minum Cukup Air, Ini 5 Cara Efektif Menurunkan Gula Darah Secara Alami


Senin, 03 Januari 2022 / 13:18 WIB
Minum Cukup Air, Ini 5 Cara Efektif Menurunkan Gula Darah Secara Alami
ILUSTRASI. Begini cara efektif menurunkan gula darah secara alami, misalnya, minum cukup air.


Sumber: Healthline | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Kala tubuh Anda tidak cukup atau secara efektif menggunakan insulin, maka gula darah tinggi bisa terjadi. Meski begitu, ada cara efektif menurunkan gula darah secara alami, lo.

Insulin adalah hormon yang mengatur glukosa darah dan membantu memasuki sel-sel Anda untuk energi. Gula darah tinggi atau hiperglikemia dikaitkan dengan diabetes.   

Dan, berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF), Indonesia berstatus waspada diabetes karena menempati urutan ke-7 dari 10 negara dengan jumlah pasien diabetes tertinggi.   

Prevalensi pasien pengidap diabetes di Indonesia mencapai 6,2%. Yang artinya, ada lebih dari 10,8 juta orang menderita diabetes pada 2020 lalu.  

Nah, berikut lima cara efektif menurunkan kadar gula darah secara alami, mengutip Healthline:  

Baca Juga: 5 Cara Efektif Menghilangkan Lemak Perut, Cukup Tidur yang Nyenyak

1. Kelola asupan karbohidrat Anda  

Tubuh Anda memecah karbohidrat menjadi gula (kebanyakan glukosa), dan kemudian insulin membantu tubuh Anda menggunakan dan menyimpan gula untuk energi.  

Ketika Anda makan terlalu banyak karbohidrat atau memiliki masalah fungsi insulin, proses ini gagal, dan kadar glukosa darah bisa meningkat.  

Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan tentang ini. American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan untuk mengelola asupan karbohidrat dengan menghitung karbohidrat dan menyadari berapa banyak yang Anda butuhkan.  

Beberapa penelitian menemukan, metode ini juga dapat membantu Anda merencanakan makanan dengan tepat, yang selanjutnya meningkatkan pengelolaan gula darah.  

Banyak penelitian juga menunjukkan, diet rendah karbohidrat membantu mengurangi kadar gula darah dan mencegah lonjakan gula darah. Terlebih lagi, diet rendah karbohidrat dapat membantu mengelola kadar gula darah dalam jangka panjang.  

Baca Juga: Diet Nasi, Cara Efektif buat Menurunkan Berat Badan




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×