Diet Nasi, Cara Efektif buat Menurunkan Berat Badan

Jumat, 31 Desember 2021 | 15:46 WIB Sumber: Kompas.com
Diet Nasi, Cara Efektif buat Menurunkan Berat Badan

ILUSTRASI. Diet nasi, cara efektif buat menurunkan berat badan.


KONTAN.CO.ID - Diet nasi atau mengganti kebutuhan karbohidrat dengan menggunakan makanan lain selain nasi belakangan ramai di kalangan masyarakat. Sebab, diet nasi efektif menurunkan berat badan

Selain dipercaya menyehatkan, banyak yang beranggapan diet nasi bisa untuk menurunkan berat badan. Melansir Healthline, diet nasi adalah diet tinggi karbohidrat kompleks, rendah lemak, dan rendah natrium. 

Sebetulnya, metode semacam diet nasi sudah ada sejak 1939. Saat itu populer dengan sebutan The Rice Diet Solution. Metode ini awalnya dikembangkan oleh dokter dari Universitas Duke pada 1939 bernama Walter Kepmner, MD. 

Kemudian, diet nasi kembali populer pada 2006 setelah ahli diet berspesialisasi dalam pencegahan obesitas, penyakit jantung, dan penyakit kronis lain, Kitty Gurkin Rosati membahasnya.

Baca Juga: Terbukti Cegah Lonjakan Gula Darah Tinggi, Cukup Ubah 3 Kebiasaan Ini

Cara kerja diet nasi 

Mengutip Healthline, diet nasi berfokus pada membatasi asupan garam dan makanan tinggi natrium. Tindakan ini akan membantu tubuh Anda menghilangkan kembung dan mengurangi kelebihan berat badan. 

Dalam kombinasi dengan makan makanan rendah sodium, diet juga membatasi lemak jenuh. 

Lantaran membatasi garam dan natrium, porsi ini diganti menggunakan makanan berserat tinggi untuk mengisi energi dan karbohidrat seperti buah, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan, sebagai sumber nutrisi utama. 

Selain itu, diet nasi juga memperhatikan asupan kalori, jika Anda berfokus untuk menurunkan berat badan. Menurut WebMD, diet nasi memiliki tiga fase.

Baca Juga: Tidur yang Cukup, Ini 5 Cara Efektif Menurunkan Lemak Perut

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru