Mengunyah permen karet bisa mencegah Covid-19? Cek laporannya

Jumat, 26 November 2021 | 10:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mengunyah permen karet bisa mencegah Covid-19? Cek laporannya

ILUSTRASI. Menurut sebuah penelitian, mencegah penularan Virus Corona bisa dilakukan dengan mengunyah permen karet.

KONTAN.CO.ID - Ada banyak cara mencegah Virus Corona yang biasa dilakukan oleh banyak orang. Mulai dari menerima suntikan vaksin Covid-19, menggunakan masker, menjaga jarak dengan orang lain di tempat umum, dan rajin cuci tangan memakai sabun dan air mengalir atau hand sanitizer.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengunyah permen karet bisa jadi langkah pencegahan Covid-19 yang lain. Mengutip dari Gentside (gentside.co.uk), permen karet eksperimental yang dipakai dalam penelitian menggunakan protein khusus.

Protein itu akan menangkap partikel Virus Corona yang ada di air ludah sehingga penyebaran virus ketika Anda berbicara, batuk, atau bersin dapat berkurang. Tim peneliti yang berasal dari Amerika Serikat mengatakan bahwa permen karet itu memiliki salinan protein ACE2 yang ditemukan di permukaan sel.

Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa jumlah partikel Virus Corona bisa turun hingga lebih dari 95%. Para peneliti menambahkan bahwa permen karet memiliki rasa seperti permen karet pada umumnya dan bisa disimpan dalam suhu normal selama berathun-tahun.

Baca Juga: Penyakit ini tingkatkan risiko kematian akibat Covid-19

Melansir Gentside, permen karet yang diteliti juga bisa menurunkan risiko terinfeksi kembali atau infeksi jenis virus yang lain, misalnya virus flu. Sampai saat ini, permen karet itu memang belum dijual di pasaran.

Supaya terhindar dari penularan Covid-19, Anda perlu melakukan protokol kesehatan yang biasanya sudah Anda lakukan. Jika tidak ada keperluan yang mendesak, cobalah untuk membatasi kegiatan di luar ruangan yang memungkinkan Anda bertemu banyak orang.

Baca Juga: Cara efektif mencegah virus corona yang perlu Anda lakukan

Apabila Anda memang harus pergi ke suatu tempat, pastikan untuk menggunakan masker yang pas dan nyaman serta sesuai dengan standar kesehatan. Jangan lupa untuk membawa hand sanitizer untuk berjaga-jaga apabila tidak ada tempat untuk mencuci tangan memakai sabun dan air.

Hal penting lain yang tidak boleh Anda lupakan adalah mendapat vaksin Covid-19. Jika kondisi kesehatan Anda memang memungkinkan dan tidak ada halangan apa pun, cobalah untuk mendapat vaksin tersebut. Dengan begitu, tubuh Anda menjadi lebih terlindungi dari Virus Corona.

Selanjutnya: Ini 5 penyebab gangguan pada organ peredaran darah manusia

Editor: Belladina Biananda
Terbaru