Menarik Dicoba, 8 Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Diet

Kamis, 06 Oktober 2022 | 04:50 WIB Sumber: Kompas.com
Menarik Dicoba, 8 Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Diet

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat seseorang tidak menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat, ada satu masalah yang kerap timbul. Yakni, kelebihan berat badan.

Sering kali, mereka yang menyadari bahwa berat badannya berlebih, akan melakukan diet ekstrem untuk menurunkan berat badannya, seperti pantang mengonsumsi makanan tertentu, mengurangi porsi makan, hingga memangkas jumlah makan dalam sehari. 

Akibatnya, konsep diet identik dengan penyiksaan tubuh karena tidak memberikan keleluasaan bagi tubuh untuk mengonsumsi makanan apa pun. 

Dikutip dari Eat This, menurunkan berat badan bisa dilakukan tanpa diet yang ekstrem dan menyiksa. Cara tersebut telah direkomendasikan oleh para ahli. Mereka justru merekomendasikan kebiasaan kecil yang dapat menurunkan berat badan tanpa melakukan diet yang ekstrem. 

Cara menurunkan berat badan tanpa diet 

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan tanpa melakukan diet: 

1. Tidak melewatkan sarapan 

Melewatkan sarapan dianggap bisa memotong beberapa kalori yang dikonsumsi oleh tubuh. Cara tersebut dilakukan agar asupan kalori per hari dapat diolah menjadi energi dan tidak menyisakan lemak yang berlebihan dalam tubuh. Sayangnya, konsep tersebut salah kaprah menurut buku Zero Belly Breakfasts. 

Sarapan justru sebaiknya dlakukan agar tubuh tidak cepat merasa lapar sehingga konsumsi makan siang tidak berlebihan. 

Sebaliknya, jika Anda melewatkan sarapan, metabolisme tubuh akan melambat sehingga Anda mudah lapar. 

"Ketika Anda tidak makan cukup kalori, metabolisme Anda dapat melambat," kata Jim White, ahli dietitian dan fisiologi olahraga. 

"Akibatnya, kamu cenderung makan berlebihan," imbuhnya. 

Baca Juga: Menurunkan Darah Tinggi, Ini 7 Manfaat Buah Pir bila Dimakan Secara Rutin

2. Olahraga 

Salah satu manfaat bangun pagi adalah memberikan waktu pagi hari yang lebih luang. Sembari memperoleh sinar matahari di pagi hari, Anda juga bisa melakukan olahraga kecil. 

Sebuah penelitian mencatat, dengan melakukan olharaga di pagi hari, metabolisme tubuh akan meningkat dan kalori bisa terbakar sepanjang hari. 

3. Mengonsumsi buah 

Cara menurunkan berat badan tanpa diet selanjutnya adalah mencoba menyukai buah-buahan. Anda bisa mengganti camilan harian ke buah-buhan. Kendati demikian, konsumsi buah-buahan tersebut juga perlu diperhatikan. 

Pasalnya konsumsi buah-buahan yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Alih-alih menurunkan berat badan, hal tersebut justru bisa menaikkan berat badan. 

4. Bangun pagi 

Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menunjukkan, orang yang bangun pagi terlihat lebih bahagia dan lebih kurus. Hal tersebut lantaran paparan awal sinar matahari yang alami. 

Peneliti dari Northwest University itu menemukan bahwa orang yang terpapar sinar matahari pada pagi hari cenderung memiliki berat badan yang lebih sedikit darupada mereka yang bangun siang. 

Apabila Anda ingin menurunkan berat badan tanpa melakukan diet, Anda bisa mencoba membiasakan diri untuk bangun pagi.

Baca Juga: Ciri-Ciri Penyakit Asam Urat & Obat Alami Untuk Menyembuhkannya

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru