kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,58   -0,44   -0.05%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ciri-Ciri Penyakit Asam Urat & Obat Alami Untuk Menyembuhkannya


Rabu, 05 Oktober 2022 / 04:55 WIB
Ciri-Ciri Penyakit Asam Urat & Obat Alami Untuk Menyembuhkannya


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali ciri-ciri penyakit asam urat sejak dini. Pahami pula obat alami untuk menyembuhkan penyakit asam urat. 

Mengenali ciri-ciri penyakit asam urat sejak dini adalah hal penting. Pasalnya, asam urat tidak hanya menyerang orang tua, tapi anak muda banyak yang sudah mengalami penyakit tersebut.

Mendeteksi ciri-ciri penyakit asam urat juga bermanfaat untuk membantu penyembuhan. Semakin cepat dikenali, pengobatan dan penyembuhan penyakit asam urat lebih mudah dilakukan.

Selain itu, jika tak diobati tepat waktu, penyakit asam urat yang dikenal juga sebagai gout itu bisa memicu komplikasi asam urat yang berbahaya. 

Dilansir dari Kompas.com, berikut ini ciri-ciri penyakit asam urat yang perlu diwaspadai: 

Baca Juga: 5 Obat Asam Urat Alami yang Ampuh dan Bisa Dijadikan Alternatif

1. Nyeri sendi tak tertahankan 

Ciri-ciri penyakit asam urat yang pertama adalah nyeri sendi. Melansir laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), penyakit asam urat dapat menyebabkan nyeri sendi tak tertahankan. 

Nyeri tersebut berasal dari munculnya kristal urat di sendi akibat kondisi kadar asam urat yang terlalu tinggi di dalam darah. Bagian yang paling sering mengalami nyeri sendi akibat asam urat adalah jempol kaki. 

Sementara, nyeri tersebut dapat juga timbul di pergelangan kaki, lutut, pergelangan kaki, siku, dan jari tangan. Orang yang terkena serangan nyeri sendi akibat asam urat biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama. 

Nyeri sendi awal tersebut bisa berlangsung selama 3-10 hari dan paling sering terjadi pada malam hari. 

2. Muncul bengkak 

Ciri-ciri penyakit asam urat yang kedua adalah timbulnya pembengkakan. Pembengkakan tersebut tidak hanya terjadi di sendi, tapi bisa juga di sekitar sendi. Ada dua alasan mengapa pembengkakan bisa terjadi akibat asam urat. 

Pertama, bengkak muncul karena jaringan pelapis sendi bernama sinovium membengkak. Kedua, adanya peningkatan volume cairan synovial atau pelumas sendi saat terjadi peradangan. Pada tahap ini, penderita asam urat bisa jadi tidak akan mampu bergerak secara leluasa lagi.

3. Warna kulit yang memerah 

Ciri-ciri penyakit asam urat yang ketiga adalah warna kulit memerah. Saat terjadi peradangan di sendi, aliran darah akan meningkat di sana. Hal itu pun kemudian membuat warna kulit berubah memerah. 

4. Sensasi panas di sendi 

Ciri-ciri penyakit asam urat yang keempat adalah rasa sensasi panas di sendi. Melansir Health Line, tak hanya nyeri sendi yang tak tertahankan dan pembengkakan, gejala asam urat juga dapat berupa rasa panas di persendian. Kondisi ini pada kenyatannya bisa menjangkit segala usia, termasuk kalangan muda usia 20 tahunan. 

Sensasi panas atau hangat di persendian tersebut tidak lain adalah efek dari proses peradangan akibat kristal yang terbentuk di sendi-sendi. 

5. Benjolan (tophi) 

Ciri-ciri penyakit asam urat yang kelima adalah munculnya benjolan atau tophi. Jika seseorang terlambat atau tidak mengobati penyakit asam uratnya, itu bisa menjadi kronis. Benjolan keras yang disebut tophi akhirnya dapat berkembang di persendian dan kulit serta jaringan lunak yang mengelilinginya. Keberadaan tophi ini secara permanen dapat merusak sendi. 

Dengan demikian, perawatan sesegera mungkin sangat penting ditempuh untuk mencegah penyakit asam urat menjadi kronis. Mengetahui ciri-ciri asam urat dapat membantu Anda menentukan waktu yang tepat untuk pergi ke dokter sebelum penyakit tersebut dapat menyebabkan masalah permanen.

Obat alami penyakit asam urat

Setelah mengetahui ciri-ciri penyakit asam urat, penting untuk mengenali obat guna menyembuhkannya. Selain dari apotik dan dokter, sejumlah bahan alami bisa menjadi obat alami penyakit asam urat.

Merangkum Kompas.com, berikut obat alami penyakit asam urat:

1. Kopi

Obat alami penyakit asam urat yang pertama adalah kopi. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat membantu mengurangi kadar asam urat dengan dua cara.

Pertama adalah kandungan enzim yang terdapat pada kopi dapat memecah purin di dalam tubuh yang berkhasiat menurunkan tingkat produksi asam urat. Kemudian kopi juga merupakan minuman yang bersifat diuretik yang membuat hasrat buang air kecil lebih sering dari biasanya. Oleh karena itu, penderita asam urat dapat meminum kopi secara rutin sekaligus mengonsumsi air yang banyak untuk membantu ginjal saat membuang asam urat melalui urine.

2. Buah ceri

Obat alami penyakit asam urat yang kedua adalah buah ceri. Ceri mengandung anthocyanin, antioksidan, senyawa anti-inflamasi yang kaya serat dan vitamin C yang tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa makan ceri dan minum jus ceri dapat membantu menurunkan kadar asam urat.

3. Apel

Obat alami penyakit asam urat yang ketiga adalah buah apel. Kandungan pada buah apel sangat baik untuk penderita asam urat. Apel diperkaya dengan asam malat yang mampu menetralkan asam urat di dalam darah.

4. Buah beri

Obat alami penyakit asam urat yang keempat adalah buah beri. Aneka buah beri seperti storberi, blueberry, raspberry hingga cranberry tinggi akan vitamin C, serat dan antiinflamasi.

Penderita asam urat tinggi yang kerap merasakan nyeri di persendian, gejalanya bisa diminimalisir dengan rutin mengonsumsi buah beri.

5. Jus sayuran berwarna cerah

Obat alami penyakit asam urat yang kelima adalah jus sayuran berwarna cerah. Wortel, buah bit hingga mentimun sangat baik untuk mengobati asam urat secara alami. Aneka jenis sayuran berwarna cerah itu kaya akan vitamin C dan antioksidan yang mampu menurunkan kadar asam urat di dalam darah.

6. Produk susu rendah lemak

Obat alami penyakit asam urat yang keenam adalah produk susu rendah lemak. Khasiat dari produk susu rendah lemak ini dapat mencegah kadar asam urat naik dan membantu menurunkan kadar asam urat.

7. Jeruk nipis atau lemon

Obat alami penyakit asam urat yang ketujuh adalah jeruk nipis atau lemon. Jeruk nipis atau lemon diperkaya dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C pada buah-buahan sitrus itu dapat membantu tubuh menetralkan asam urat dan membuangnya secara maksimal melalui urine.

8. Minyak zaitun

Obat alami penyakit asam urat yang kedelapan adalah minyak zaitun. Minyak zaitun merupakan jenis minyak sehat yang mengandung antioksidan tinggi dan bersifat antiiflamasi. Kita dapat mengonsumsi minyak zaitun secara langsung atau dijadikan sebagai salad dressing untuk merasakan manfaatnya.

9. Kacang pinto

Obat alami penyakit asam urat yang kesembilan adalah kacang pinto. Kacang pinto mengandung asam folat yang membantu menurunkan kadar asam urat secara alami. Selain kacang pinto, beberapa jenis biji-bijian yang memiliki khasiat serupa adalah biji bunga matahari, kacang lentil hingga biji seledri.

10. Pisang

Obat alami penyakit asam urat yang ke-10 adalah buah pisang. Mengonsumsi pisang juga termasuk ke dalam diet yang baik untuk para penderita asam urat. Khasiat rutin mengonsumsi pisang adalah dapat menurunkan asam urat tinggi secara alami.

Itulah berbagai ciri-ciri penyakit asam urat dan obat alami untuk menyembuhkannya. Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

(Dinno Baskoro & Irawan Sapto Adhi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Ciri-ciri Asam Urat yang Harus Diwaspadai" dan Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "15 Obat Alami yang Ampuh untuk Menurunkan Kadar Asam Urat",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×