kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Melembabkan, 6 Cara Mengatasi Bibir Kering Ini Patut Anda Coba


Senin, 31 Januari 2022 / 08:40 WIB
Melembabkan, 6 Cara Mengatasi Bibir Kering Ini Patut Anda Coba
ILUSTRASI. Anda perlu melakukan cara mengatasi bibir kering supaya bibir tidak infeksi.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara mengatasi bibir kering yang bisa Anda coba ada banyak. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan alami. Kandungan dalam bahan-bahan tersebut akan melembabkan kulit sehingga bibir kering dan pecah-pecah bisa teratasi dengan baik.

Ada beragam penyebab bibir kering yang bisa Anda alami. Faktor utamanya adalah tubuh yang kekurangan cairan. Maka dari itu, Anda perlu mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan dengan minum banyak air putih.

Selain kurang cairan, bibir kering juga bisa disebabkan oleh cuaca dingin dan kering, paparan sinar matahari, dan faktor yang lain. Sebenarnya, ada banyak produk perawatan bibir yang dijual di pasaran. Namun, tidak ada salahnya untuk menggunakan bahan alami berikut ini.

Teh Hijau

Mengutip dari Stylecraze (stylecraze.com), teh hijau mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang bisa dijadikan cara agar bibir tidak kering. Pertama, celupkan kantung teh hijau dalam air hangat selama beberapa menit. Setelah itu, tempelkan kantung teh pada bibir selama beberapa saat.

Baca Juga: Ingin Tahu Cara Mengatasi Bibir Kering? Pakai 5 Bahan Ini

Madu

Madu kaya akan antibakteri yang bisa menyembuhkan kulit di bibir yang terluka. Supaya efeknya lebih terasa, Anda bisa mencampur madu dengan petroleum jelly. Oleskan madu pada bibir kemudian tumpuk dengan petroleum jelly. Biarkan selama 10 menit kemudian bersihkan dengan tisu basah sampai bersih.

Timun

Timun bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengatasi bibir kering.

Timun jadi bahan alami berikutnya yang bisa Anda jadikan cara mengatasi bibir pecah-pecah. Selain menutrisi, timun juga mampu menghidrasi bibir Anda secara optimal. Bahan yang Anda butuhkan hanyalah beberapa iris timun.

Gosokkan timun yang sudah Anda siapkan pada bibir selama beberapa menit. Jangan gosok terlalu kasar timun karena bisa menyebabkan iritasi. Diamkan dulu sisa gosokkan timun selama 10 menit lalu bilas dengan air.

Lidah Buaya

Jika Anda mencari cara mengatasi bibir kering, maka lidah buaya tidak boleh Anda lewatkan. Stylecraze mengatakan bahwa gel lidah buaya mampu merekatkan sel yang pecah sehingga kulit menjadi lebih lembut. selain itu, sel kulit mati juga bisa ikut terangkat sehingga kondisi bibir terawat.

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas dengan lidah buaya sangat mudah. Aplikasikan gel lidah buaya pada bibir semalaman. Di pagi hari, bersihkan sisa gel yang masih menempel dengan air. Usahakan untuk melakukan hal itu secara rutin supaya mendapat hasil yang maksimal.

Baca Juga: 5 Bahan yang Cocok Jadi Pelembab Bibir, Murah dan Mudah

Tomat

Tahukah Anda bahwa tomat bisa dimanfaatkan sebagai pelembab bibir? Tomat memiliki banyak vitamin C yang mampu memperbaiki tekstur kulit yang rusak. Cukup aplikasikan tomat yang sudah Anda haluskan di bibir selama 15 menit lalu bersihkan memakai air.

Minyak Kelapa

Cara mengatasi bibir kering selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Asam lemak yang terkandung dalam jenis minyak itu efektif menghidrasi kulit. Akhirnya, bibir menjadi lebih lembut dan sehat.

Anda perlu mencampur satu hingga dua tetes essential oil, seperti tea tree oil, dalam minyak kelapa. Essential oil digunakan untuk memaksimalkan manfaat minyak kelapa sehingga bibir kering dan pecah-pecah bisa sembuh dengan lebih cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×