kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Bahan yang Cocok Jadi Pelembab Bibir, Murah dan Mudah


Selasa, 04 Januari 2022 / 16:00 WIB
5 Bahan yang Cocok Jadi Pelembab Bibir, Murah dan Mudah
ILUSTRASI. Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan sebagai pelembab bibir.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang adalah bibir kering dan pecah-pecah. Jika Anda salah satu orang yang mengalami masalah itu, ada banyak pelembab bibir yang bisa Anda gunakan.

Selain dehidrasi, bibir pecah-pecah juga bisa disebabkan oleh faktor lainnya. Mulai dari paparan sinar matahari dan angin atau cuaca yang dingin dan kering. Kebiasaan Anda sehari-hari pun bisa menyebabkan bibir menjadi kering, lo.

Beberapa kebiasaan yang sebaiknya Anda hentikan adalah membasahi bibir dengan air liur terlalu sering, merokok, mengonsumsi minuman beralkohol. Penggunaan pasta gigi juga bisa membuat bibir iritasi. Begitu pula dengan jenis obat tertentu yang Anda minum.

Bibir yang kering dan pecah-pecah biasanya diatasi dengan memakai lip balm. Namun, hal itu bukan merupakan solusi jangka panjang. Alih-alih menggunakan lip balm, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda.

Baca Juga: 5 Cara agar bibir tidak kering ini efektif, bisa pakai bahan alami

Timun

Timun cocok dijadikan pelembab bibir.

Tak hanya minyak kelapa, timun jadi bahan alami lainnya yang mampu mengatasi bibir kering. Langkah yang perlu Anda lakukan cukup mudah, yaitu gosokkan irisan timun pada bibir secara perlahan selama satu hingga dua menit. Diamkan selama beberapa saat kemudian bilas dengan air.

Minyak Kelapa

Bahan alami pertama yang berguna sebagai pelembab bibir adalah minyak kelapa. Mengutip dari Stylecraze (stylecraze.com), asam lemak dalam minyak kelapa mampu menghidrasi kulit dengan baik sehingga bibir menjadi lebih lembut.

Caranya, campurkan beberapa tetes minyak kelapa dengan tea tree oil. Gunakan campuran itu pada bibir lalu diamkan beberapa saat. Anda bisa memakainya sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari atau biarkan semalaman saat Anda tidur.

Petroleum Jelly

Selain bahan-bahan di atas, petroleum jelly juga bisa mengatasi bibir kering yang Anda alami. Petroleum jelly mampu mengembalikan kelembaban dan meningkatkan regenerasi kulit sehingga bibir menjadi lebih sehat. Anda bisa mengaplikasikan petroleum jelly beberapa kali dalam sehari.

Baca Juga: Ingin tahu cara menghilangkan bibir hitam? Coba 7 bahan ini

Teh Hijau

Teh hijau jadi bahan alami berikutnya yang efektif melembabkan bibir. Anda perlu merendam kantung teh hijau dalam air panas selama beberapa menit terlebih dahulu. Selanjutnya, diamkan sebentar kemudian letakkan di atas bibir Anda.

Lidah Buaya

Pelembab bibir selanjutnya bisa Anda buat dengan memanfaatkan lidah buaya. Stylecraze mengatakan bahwa kandungan dalam lidah buaya mampu mengikat sel kulit yang mengelupas sehingga bibir terasa lebih lembut dan sehat.

Selain mengangkat sel kulit mati, lidah buaya juga memberikan efek menenangkan pada bibir. Caranya, aplikasikan gel lidah buaya pada bibir kemudian diamkan selama semalaman. Ulangi langkah tersebut secara rutin untuk mendapat hasil yang diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×