5 Cara agar bibir tidak kering ini efektif, bisa pakai bahan alami

Kamis, 02 Desember 2021 | 08:08 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara agar bibir tidak kering ini efektif, bisa pakai bahan alami

ILUSTRASI. Ada banyak cara agar bibir tidak kering yang bisa Anda coba memakai bahan alami.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak dampak buruk yang bisa Anda rasakan karena bibir kering dan pecah-pecah. Misalnya, sulit untuk mengaplikasikan make up atau meningkatkan risiko infeksi. Untuk menghindari hal itu, cara agar bibir tidak kering perlu Anda lakukan.

Kelenjar minyak di area bibir tak sebanyak bagian kulit yang lain. Hal itulah yang membuatnya mudah kering, pecah, dan mengelupas. Apalagi jika lingkungan tempat tinggal Anda memiliki udara yang kering dan suhunya terlalu panas atau dingin.

Anda membutuhkan pelembab tambahan supaya masalah-masalah tersebut bisa teratasi. Selain itu, cobalah untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti banyak minum air putih dan menghentikan kebiasaan merokok.

Melakukan eksfoliasi juga perlu Anda lakukan secara rutin. Anda bisa memakai eksfoliator yang dijual di pasaran atau menggunakan bahan alami, seperti gula dan baking soda. Tak hanya itu, masih banyak lagi cara-cara yang bisa Anda coba.

Minum Air Putih

Cara agar bibir tidak kering selanjutnya bisa Anda lakukan dengan minum banyak air putih supaya tubuh tidak dehidrasi. Tak hanya membuat kulit menjadi lebih kering, dehidrasi juga dapat membuat Anda sakit kepala. Jadi, usahakan untuk minum air putih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: Ketahui perbedaan skincare dan make-up di sini, jangan keliru!

Lip Balm

Lip balm adalah salah satu produk yang bisa dipakai sebagai cara agar bibir tidak kering. Namun, Anda perlu memerhatikan bahan dasar dari lip balm yang Anda gunakan. Medical News Today (medicalnewstoday.com) mengatakan ada beberapa bahan yang perlu Anda hindari.

Salah satunya adalah lip balm yang mengandung mint dan mentol. Meski terasa menyejukkan, mint dapat membuat bibir menjadi lebih kering. Cobalah untuk memakai lip balm dengan kandungan petroleum, lanolin, atau beeswax.

Berhenti Merokok

Cara agar bibir tidak kering adalah dengan berhenti merokok.

Asap rokok dapat mengiritasi bibir sehingga membuatnya lebih mudah kering, pecah-pecah, dan mengelupas. Tak hanya itu, merokok juga mengganggu kesehatan tubuh yang lain sehingga Anda perlu menghentikan kebiasaan itu agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Baca Juga: Ingin tahu cara menghilangkan bibir hitam? Coba 7 bahan ini

Timun

Timun bisa Anda pakai sebagai cara agar bibir tidak kering.

Kandungan dalam timun efektif melembabkan bibir sehingga bibir tidak mudah kering dan pecah-pecah. Caranya, letakkan 4-5 iris timun dingin di atas bibir selama 10 menit. Setelah itu, bersihkan sisa timun menggunakan handuk bersih.

Selai Kacang

Tahukah Anda bahwa selai kacang bisa jadi pelembab bibir? Asam lemak dan kandungan lain dalam selai kacang mampu menutrisi kulit sehingga bibir terlihat lebih lembut dan sehat.

Anda hanya perlu mengoleskan selai kacang pada bibir semalaman lalu bersihkan di pagi hari. Ulangi secara teratur untuk hasil maksimal.

Selanjutnya: Ekonom: Rencana PPKM level 3 saat libur Nataru bisa hambat inflasi

Editor: Belladina Biananda
Terbaru