kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ingin Tahu Cara Mengatasi Bibir Kering? Pakai 5 Bahan Ini


Senin, 17 Januari 2022 / 12:12 WIB
Ingin Tahu Cara Mengatasi Bibir Kering? Pakai 5 Bahan Ini
ILUSTRASI. Anda bisa memakai bahan alami sebagai cara mengatasi bibir kering.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Cara mengatasi bibir kering perlu segera Anda lakukan. Tidak hanya berfungsi untuk memperbaiki penampilan, hal itu juga bisa menurunkan risiko infeksi. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami.

Mengutip dari Medical News Today, kulit di bagian bibir lebih tipis daripada kulit di bagian tubuh yang lain. Paparan sinar matahari, udara dingin, atau polusi menyebabkan kondisi bibir semakin mudah terganggu.

Nah, beberapa cara di bawah ini perlu Anda praktikkan secara rutin agar kelembaban bibir terjaga. Namun, jika bibir tetap kering dan kondisinya semakin parah, jangan ragu untuk mengonsultasikannya ke dokter, ya.

Manfaatkan madu

Supaya bibir tak kering, cobalah untuk memanfaatkan madu. Selain melembabkan, bahan alami itu juga mengandung antibakteri dan antioksidan yang efektif mencegah infeksi. Dengan begitu, kesehatan bibir bisa tetap terjaga.

Baca Juga: 5 Cara agar bibir tidak kering ini efektif, bisa pakai bahan alami

Pakai minyak kelapa

Cara mengatasi bibir kering berikutnya yang sayang untuk dilewatkan adalah minyak kelapa. Selain melembabkan kulit, rutin memakai minyak kelapa juga bisa membuat bibir lebih lembut. Risiko bibir pecah-pecah pun dapat Anda hindari.

Gunakan teh hijau

Bahan alami selanjutnya yang bisa Anda coba untuk mengatasi bibir kering adalah memakai teh hijau. Sama seperti madu, teh hijau mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh Anda.

Kandungan dalam teh hijau juga mampu meredakan peradangan yang terjadi di bibir. Cara yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Pertama, celupkan kantung teh hijau pada air hangat lalu gosokkan pada bibir secara perlahan.

Dengan pemakaian rutin, sel kulit mati yang menumpuk di bibir bisa dibersihkan sehingga regenerasi sel kulit menjadi lebih maksimal.

Coba timun

Memakai timun termasuk cara mengatasi bibir kering.

Timun adalah bahan alami lain yang tak boleh Anda lewatkan untuk melembabkan bibir. Caranya, gosokkan timun pada bibir selama 1-2 menit kemudian diamkan dulu selama 10 menit lalu bersihkan memakai air. Anda bisa melakukannya sebanyak dua kali dalam sehari.

Baca Juga: Ingin tahu cara menghilangkan bibir hitam? Coba 7 bahan ini

Minum air putih

Cara mengatasi bibir kering juga bisa Anda lakukan dengan minum air putih. Medical News Today mengatakan, salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah adalah tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mencukupi kebutuhan cairan per hari. Umumnya, Anda membutuhkan delapan gelas air putih setiap hari. Tapi, itu tergantung dari kondisi tubuh dan aktivitas yang sedang Anda jalani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×