kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.000,19   6,59   0.66%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mau meningkatkan imun tubuh? Ini 6 makanan yang harus dikonsumsi


Kamis, 16 September 2021 / 16:17 WIB
Mau meningkatkan imun tubuh? Ini 6 makanan yang harus dikonsumsi


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berbagai macam cara meningkatkan imun tubuh dapat Anda praktikkan. Salah satunya adalah dengan rutin mengonsumsi jenis makanan tertentu. Dengan begitu, daya tahan tubuh lebih kuat sehingga terhindar dari infeksi penyakit.

Saat terinfeksi pun, durasi dan tingkat keparahan penyakit yang Anda alami tak terlalu berat. Sistem imun tubuh yang kuat membuat proses penyembuhan berjalan lebih cepat. Kendati demikian, bukan berarti Anda hanya mengandalkan beberapa makanan ini saat sakit, ya.

Anda tetap perlu periksa ke dokter dan minum obat yang diresepkan untuk mengembalikan kesehatan. Beberapa jenis makanan yang terdaftar dalam artikel ini bisa Anda gunakan sebagai pelengkap. Tentu saja makanan yang perlu Anda konsumsi harus penuh nutrisi.

Makan Jeruk

Jeruk merupakan salah satu jenis buah dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Melansir Eatthis.com, makan jeruk secara teratur dapat menurunkan risiko terinfeksi flu. Saat terinfeksi pun, waktu yang Anda butuhkan untuk sembuh relatif lebih singkat.

Baca Juga: Jaga imunitas saat pandemi, olahraga ringan bisa jadi pilihan

Konsumsi Bluberi

Cara meningkatkan imun tubuh berikutnya yang perlu Anda coba adalah dengan rutin mengonsumsi bluberi. Menurut sebuah penelitian, antioksidan yang terdapat dalam buah bluberi bisa menurunkan risiko pilek pada orang dewasa hingga 33%.

Minum Teh Ginseng

Siapa yang suka mengonsumsi tanaman herbal seperti ginseng? Jenis bahan alami itu bisa Anda manfaatkan untuk menjaga daya tahan tubuh, lo. Ulasan yang dipublikasikan dalam Canadian Medical Association Journal menyebutkan bahwa ginseng mampu menaikkan sistem imun tubuh.

Makan Cokelat Hitam

Salah satu cara meningkatkan imun tubuh adalah dengan makan cokelat.

Pecinta cokelat bisa berbahagia karena jenis makanan itu bisa dijadikan salah satu peningkat sistem imun tubuh. Antioksidan dalam cokelat hitam mampu meredakan gejala batuk, termasuk batuk akibat bronkitis. Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk hal tersebut.

Baca Juga: Ini resep jamu tradisional untuk tingkatkan imun, bisa buat hipertensi dan diabetes

Konsumsi Brokoli

Mengonsumsi brokoli jadi cara meningkatkan imun tubuh berikutnya yang bisa Anda lakukan. Para peneliti melaporkan bahwa brokoli termasuk jenis sayur yang kaya akan antioksidan. Nah, antioksidan itulah yang melawan radikal bebas penyebab berbagai jenis penyakit dalam tubuh.

Minum Teh Hijau

Jika Anda ingin menaikkan daya tahan tubuh, Eatthis.com merekomendasikan Anda untuk mulai rutin minum teh hijau. Bukan tanpa alasan, jenis teh itu memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari antioksidan, antiinflamasi, antibakteri, hingga antivirus.

Selanjutnya: Cari cara mengatasi anosmia secara alami? Coba 4 bahan ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×