kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Mau diet? Ini tujuh sayuran yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan


Selasa, 01 Oktober 2019 / 10:37 WIB

Mau diet? Ini tujuh sayuran yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan
ILUSTRASI. Sejumlah petani memanen kentang jenis granola

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memperbanyak konsumsi sayur- sayuran dan buah-buahan selalu ada dalam rekomendasi saat kita sedang dalam usaha mengurangi berat badan. Dari banyaknya jenis sayuran yang tersedia di sekitar kita, sayur mana yang paling baik untuk mendukung target penurunan berat badan?

Setidaknya, ada tujuh jenis sayuran yang dinilai baik untuk kamu yang ingin mencapai berat badan ideal, seperti dilansir dari laman Boldsky:

1. Kentang

Beberapa orang menilai kentang bisa menaikkan berat badan, namun hal itu tidak benar. Mengkonsumsi kentang putih rebus akan membuat kita cepat kenyang sehingga kita makan lebih sedikit. Cara terbaik mengkonsumsinya adalah menunggu kentang rebus dingin terlebih. Proses tersebut dilakukan untuk membantu pembentukkan pati resisten dalam jumlah yang tinggi. Pati resisten adalah substansi mirip serat yang terbukti dapat membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: Obat maag populer ranitidine ditarik dari peredaran di luar negeri

2. Sayuran cruciferous

Sayuran kelompok cruciferous, seperti kubis, kubis brussel, brokoli, kol, dan sayur sejenis lainnya mengandung tinggi serat dan protein. Sayur-sayuran cruciferous juga memiliki kepadatan energi yang rendah sehingga cocok untuk makanan saat diet.

3. Sayur berdaun hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan lainnya merupakan sayur tinggi serat serta rendah kalori dan karbohidrat. Sayur ini juga merupakan makanan dengan kepadatan energi rendah sehingga akan membantu menurunkan berat badan sekaligus membuat kita cepat kenyang. Ilustrasi jamur tiram.

4. Jamur

Jamur mengandung vitamin dan mineral esensial serta memiliki lebih sedikit kalori, menjadikannya makanan diet yang sempurna. Konsumsi makanan kaya jamur menjauhkan kita dari rasa lapar. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan makanan kaya jamur kancing putih akan merasa lebih kenyang.

Baca Juga: Tujuh makanan ini diyakini mampu membantu turunkan kolesterol


Sumber : Kompas.com
Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Video Pilihan


Close [X]
×