kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Tujuh makanan ini diyakini mampu membantu turunkan kolesterol


Jumat, 27 September 2019 / 09:57 WIB

Tujuh makanan ini diyakini mampu membantu turunkan kolesterol
ILUSTRASI.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kolesterol tinggi menjadi kondisi yang sudah tak asing didengar. Memiliki kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Tak hanya genetika, makanan yang kita konsumsi juga berpengaruh terhadap kolesterol. 

Oleh sebab itu, kita harus mengatur makanan yang dikonsumsi, untuk menjaga kolesterol tetap normal. 

Jika kamu memiliki kolesterol tinggi, mengonsumsi makanan yang dapat menurunkan kolesterol merupakan cara terbaik dalam diet. Lalu, apa saja makanan yang dapat menurunkan kolesterol? 

Baca Juga: Waspadai hipertensi, penyebab kematian terbanyak nomor lima di Indonesia

Ada beberapa makanan yang dapat menurunkan kolesterol, dan dapat dengan mudah kita temukan. 

1. Kacang-kacangan 

Kacang-kacangan merupakan makanan padat nutrisi, juga mengandung lemak tak jenuh yang tinggi. Kacang merah, kacang tanah, kenari, dan almond, dapat membantu menurunkan kolesterol dengan menghalangi penyerapannya di usus. 

Selain itu, kacang-kacangan juga dapat menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung. Mengonsumsi 2 ons kacang sehari, dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL sebanyak 5%. 

Ini dapat menjadi salah satu pilihan terbaik bagi jika ingin menurunkan kolesterol. 

2. Ikan berlemak 

Ikan berlemak, seperti makarel, tuna, dan salmon, merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Omega-3 dapat meningkatkan kolesterol baik atau HDL, dan menjaga kesehatan jantung. 

Cara paling sehat untuk mengolah ikan yaitu dengan mengukus atau merebusnya. Mengonsumsi ikan sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu dapat menurunkan kolesterol jahat. 

3. Olahan kedelai

Makanan olahan kedelai, seperti tahu, tempe, oncom, susu kedelai, dan lainnya, bermanfaat bagi kesehatan jantung. Selain itu, beberapa studi menunjukkan, mengonsumsi olahan kedelai dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. 
Mengonsumsi 25 gram kedelai (setara dengan 10 ons tahu atau setengah cangkir susu kedelai) dalam sehari, mampu menurunkan kolesterol jahat sebesar 5-6%. Ini merupakan cara ampuh dalam menurunkan kolesterol tinggi. 


Sumber : Kompas.com
Editor: Herlina Kartika

Video Pilihan


Close [X]
×