kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Masker wajah alami untuk kulit kering, kusam, dan sensitif


Kamis, 01 Oktober 2020 / 09:35 WIB
Masker wajah alami untuk kulit kering, kusam, dan sensitif


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu cara merawat kulit wajah adalah dengan memakai masker wajah alami. Ada banyak bahan yang bisa Anda gunakan sesuai dengan tipe atau masalah kulit Anda. Bahkan, Anda bisa menghindari bahan alami yang bisa menyebabkan alergi atau memperparah masalah kulit Anda.

Masker Wajah Alami untuk Kulit Kering

Madu dan alpukat bisa jadi kombinasi yang tepat untuk mengatasi kulit kering. Mengutip dari Prevention, madu mengandung antiinflamasi dan antibakteri serta mampu membawa air ke permukaan kulit. Tak hanya itu, madu juga tidak banyak menimbulkan iritasi.

Di sisi lain, alpukat memiliki minyak alami yang bisa melembabkan dan membuat kulit terasa lembut. Anda bisa memaksimalkan fungsi madu dan alpukat dengan mencampurnya bersama olive oil, jojoba oil, atau minyak lain.

Cara membuatnya, tumbuk ¼ alpukat lalu campurkan dengan madu (1 sdt) dan olive oil (1 sdt). Aplikasikan pada wajah secara menyeluruh kemudian diamkan selama 15 hingga 20 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air hangat.

Baca Juga: 5 Cara terbaik mencerahkan wajah yang wajib dicoba

Masker Wajah Alami untuk Kulit Sensitif

Teh hitam dan masu bisa jadi bahan masker wajah alami.

Bagi pemilik kulit sensitif, Anda bisa menggunakan masker wajah yang terbuat dari madu, teh hitam, dan timun. Tiap bahan memiliki fungsinya masing-masing. Timun bekerja sebagai pelembab, teh hitam kaya akan antioksidan, dan madu mengandung banyak nutrisi yang dimanfaatkan kulit.

Manfaat itu masih bisa ditambah dengan minyak lavender sebagai antiinflamasi. Jika Anda khawatir kulit sensitif Anda bereaksi pada bahan-bahan tersebut, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu di daerah kulit lain, seperti belakang telinga atau lengan bawah bagian dalam.

Pertama, potong timun menjadi irisan tipis. Selanjutnya, rebus segelas teh hitam selama lima menit dan tambahkan 1 sdm madu. Anda bisa menambah beberapa tetes minyak lavender.

Setelah itu, rendam irisan timun ke dalamnya selama 10 menit. Setelah itu, letakkan irisan timun yang telah terendam di atas wajah  selama 10 hingga 20 menit lalu bersihkan dengan air hangat.

Baca Juga: 5 Cara mengatasi kulit kering, jangan cuma pakai pelembab

Masker Wajah untuk Kulit Kusam

Sel kulit mati yang menumpuk bisa sebabkan kulit kusam. Maka dari itu, Anda perlu membersihkannya dengan oatmeal agar kulit terlihat lebih cerah dan lembut. Prevention merekomendasikan Anda untuk menambahkan pisang sebagai pelembab.

Caranya, tumbuk 2 sdm oatmeal, 1 sdt madu, dan setengah pisang sampai halus. Anda bisa menambahkan 1 sdt yogurt jika mau. Usapkan campuran itu pada wajah dengan gerakan memutar untuk membersihkan sel kulit mati.

Lakukan cara tersebut selama beberapa menit, kemudian bilas menggunakan air hangat. Bagi pemilik kulit kering, segera gunakan pelembab yang biasa Anda gunakan.

Selanjutnya: 3 Cara mudah membuat masker bibir alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×