Kecantikan & Kebugaran

Masker kunyit ini mudah untuk dibuat, lo

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 14:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Masker kunyit ini mudah untuk dibuat, lo


KONTAN.CO.ID - Jika Anda memiliki beberapa masalah kulit, masker kunyit bisa jadi jawabannya. Bahan alami ini mengandung antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri yang mampu mengobati gangguan pada kulit Anda.

Berikut adalah manfaat masker kunyit dan cara membuatnya: 

Masker kunyit untuk kulit sensitif

Kunyit bisa digunakan untuk melembabkan kulit sensitif. Manfaat itu masih bisa dimaksimalkan saat dikombinasikan dengan lemon dan susu.

Lemon mampu mencerahkan warna kulit, sedangkan susu mengandung vitamin B, kalsium, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit sensitif Anda.

Melansir situs Hello Glow, cara membuatnya adalah campurkan air lemon (1 sdm), susu (3 sdm), dan kunyit (1/4 sdm) dalam sebuah wadah. Setelah teraduk secara merata, oleskan pada wajah dan diamkan selama 10 hingga 20 menit sebelum Anda membilasnya dengan air.

Baca Juga: 4 Cara membuat masker madu terbaik untuk wajah

Membersihkan sel kulit mati

Teksturnya yang agak kasar membuat kunyit cocok digunakan untuk membersihkan sel kulit mati atau exfoliating.

Selain membersihkan sel kulit mati secara maksimal, kunyit juga bermanfaat untuk mengatur produksi minyak alami sehingga cocok digunakan untuk kulit yang mudah berjerawat.

Pertama, siapkan ½ sdt bubuk kunyit, 3 sdt susu almond, dan 3 sdt baking soda lalu campurkan bahan-bahan tersebut hingga rata.

Setelah itu, pijatkan pada wajah dengan gerakan memutar. Mulailah dari dagu kemudian bergerak ke wajah bagian atas. Selanjutnya, bilas menggunakan air.

Mengobati jerawat

Masalah jerawat bisa diatasi dengan masker kunyit.

Masker kunyit juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati jerawat. Caranya adalah dengan mencampur kunyit bersama dengan madu.

Mengutip Hello Glow, kandungan antiseptik dan antibakteri akan mengobati jerawat dan mendingikan kulit yang terbakar.

Anda perlu mengoleskan cuka apel terlebih dahulu ke seluruh wajah. Sembari menunggu cuka apel meresap di kulit (sekitar 5 menit), buatlah masker yang terbuat dari ½ sdt bubuk kunyit, 1 sdm madu.

Oleskan masker pada seluruh wajah dan diamkan selama 15 hingga 20 menit. Setelah itu, bersihkan masker menggunakan air hangat.

Jika masker kunyit meninggalkan noda kuning, Anda bisa membersihkannya lagi dengan kapas yang sudah dibasahi dengan susu. Anda bisa menggunakan masker ini sebanyak dua kali dalam seminggu.

Baca Juga: 3 Cara membuat masker kopi ini bisa buat wajah lebih cerah, lo

Masker kunyit untuk mengencangkan kulit

Kunyit yang dikombinasikan dengan kuning telur bisa membuat kulit menjadi lebih kencang. Caranya, campurkan satu kuning telur, sejumput bubuk kunyit, dan 1 sdt minyak zaitun.

Aduk bahan-bahan itu sampai berbentuk pasta. Setelah itu, aplikasikan pada wajah yang telah dibersihkan. Diamkan dulu selama 20 menit sampai masker mengering lalu bilas dengan air hangat.

Selanjutnya: Wow, ini manfaat konsumsi kunyit dan madu untuk kesehatan tubuh Anda

Editor: Belladina Biananda


Terbaru