kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Masih muda tapi kena serangan jantung? Ini penjelasannya


Selasa, 10 Maret 2020 / 17:08 WIB
Masih muda tapi kena serangan jantung? Ini penjelasannya
ILUSTRASI. Serangan jantung merupakan penyakit mendadak yang memang tidak diawali dengan gejala apapun. Selain keturunan sakit jantung juga bisa disebabkan oleh gaya hidup. Pola hidup yang tidak sehat seperti makan yang berlebihan, mengosumsi alkohol serta merokok a


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Serangan jantung bisa menyerang siapa saja tidak terkecuali orang muda seperti Anda. Bila tidak ingin menderita penyakit paling mematikan ini Anda sebaiknya melakukan pencegahan sejak dini.

Susanti, Dokter Umum Balai Kesehatan Kompas Gramedia menjelaskan serangan jantung terjadi karena otot jantung tidak mendapatkan suplai darah. 

Baca Juga: Empat olahraga ringan yang cocok untuk pekerja kantoran

Umumnya serangan jantung diderita orang orang-orang lanjut usia. Namun, belakangan penyakit paling mematikan ini mulai menyerang orang muda. 

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal Circulation, lebih dari 28.000 pasien penderita serangan jantung, 30% diantaranya berusia 35 sampai 54 tahun. 

Dokter Santi mengatakan banyak faktor yang menyebabkan orang berusia muda terkena serangan jantung. 

Pertama, sebagian orang berusia muda tidak memeriksakan kesehatannya secara rutin. Asal tahu saja, pemeriksaan kesehatan secara berkala penting dilakukan sejak dini. 

Anda bisa mengetahui kondisi kesehatan tubuh. Bila ada indikasi yang meningkatkan risiko serangan jantung bisa dicegah sejak dini. 

Kedua, tidak sedikit orang berusia muda menderita penyakit kolesterol, diabetes, dan hipertensi yang meningkatkan risiko serangan jantung. 

Ketiga, sebagian orang berusia muda memiliki gaya hidup yang tidak sehat seperti waktu tidur kurang dan jarang berolahraga. 

Keempat, sebagian orang-orang berusia muda menyalahgunakan obat terlarang, mengkonsumsi alkohol, dan merokok. 

Baca Juga: Awas! Penderita jantung rentan terinfeksi corona

Apakah Anda memenuhi satu atau dua poin di atas? Bila jawabannya adalah iya, Anda sebaiknya mulai merubah pola hidup. 

Anda sebaiknya mulai menjalankan gaya hidup sehat, melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, dan hindari menggunakan obat terlarang serta kurangi konsumsi alkohol dan rokok. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×