Masih banyak vaksinasi bagi lansia yang masuk ke kategori umum

Rabu, 24 November 2021 | 10:30 WIB   Reporter: Achmad Jatnika
Masih banyak vaksinasi bagi lansia yang masuk ke kategori umum

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Vaksinasi terhadap masyarakat lanjut usia (lansia) sudah mencapai 50,98% untuk dosis pertama. Merujuk data Kawal Covid-19, angka tersebut sudah menjangkau 10,98 juta lansia. Sementara itu, untuk lansia yang sudah mendapatkan dosis kedua mencapai 32,03% atau sebanyak 6,9 juta lansia.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas mengenai evaluasi PPKM memberikan arahan agar vaksinasi terhadap lansia mencapai 70% di akhir tahun 2021. Ia meminta petugas untuk proaktif untuk mencapai target tersebut.

Salah seorang Petugas Vaksinasi di Serang, Aulia Camillawati, menilai pada beberapa bulan ke terakhir, atau masa awal vaksinasi, petugas sempat kesulitan untuk meyakini lansia untuk melaksanakan vaksinasi.

Bahkan, ia mengungkapkan bahwa pemerintah daerah sampai melakukan beberapa strategi untuk menggaet vaksinasi lansia, seperti harus door-to-door, melaksanakan gebyar vaksin lansia, dijemput dengan bis, dan diiming-imingi dengan sembako.

Baca Juga: Jumlah vaksinasi untuk lansia dinilai masih jauh dari ideal

“Tapi sejak dimulainya tahap vaksin untuk masyarakat umum di bulan Juli, lansia tuh banyak kok yang dateng sendiri untuk vaksin. Bareng anaknya, ditemenin cucunya, dateng sendiri pun banyak,” katanya kepada Kontan, Senin (23/11).

Akan tetapi, di tempatnya, Aulia masih mendapati masalah, karena vaksinasi terhadap lansia, karena sejak Juli 2021 semua lansia termsuk dalam kategori masyarakat umum bukan khusus untuk kategori lansia.

Dalam pengamatannya sejauh ini, di lapangan setiap harinya semakin banyak lansia yang melaksanakan vaksinasi. “Kalau di lapangan sejauh ini aman dan malah makin banyak lansia yang mau vaksin entah dipaksa anaknya atau karena mau bepergian jadi mau tidak mau ya harus vaksin. Mereka juga kebanyakan nurut waktu nakesnya mengedukasi mereka,” pungkas Aulia.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

Selanjutnya: Mulai dari Rp 200 Jutaan, Harga Mobil Bekas Toyota Fortuner per November 2021

Editor: Handoyo .
Terbaru