Manfaat Musik Bagi Kesehatan Tubuh Manusia, Bisa Tingkatkan Produktivitas juga

Kamis, 23 Desember 2021 | 06:03 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Manfaat Musik Bagi Kesehatan Tubuh Manusia, Bisa Tingkatkan Produktivitas juga

ILUSTRASI. Ilustrasi manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan tubuh manusia.


KONTAN.CO.ID - Musik ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Terapi menggunakan musik sering digunakan oleh sebagian orang yang menderita penyakit tertentu.

Melansir dari American Music Therapy Association, terapi menggunakan musik merupakan intervensi musik secara klinis dan didasarkan dengan pembuktian oleh seseorang berstandar profesional yang telah dengan sah menyelesaikan program musik terapi.

Selain bagi kesehatan, musik juga memiliki manfaat lain yaitu dipercaya dapat meningkatkan produktivitas seseorang dalam melakukan kegiatan.

Baca Juga: Mata Bengkak? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Dilansir dari laman Hello Sehat, berikut adalah manfaat musik dan fungsinya bagi kesehatan tubuh manusia:

1. Musik untuk Penyembuhan

Mendengarkan musik terbukti dapat meredakan rasa sakit yang kronis, seperti pasca operasi atau melahirkan. Dengan musik seseorang dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan endorfin atau hormon kenikmatan sehingga dapat meredakan rasa nyeri tersebut.

Selain itu musik memiliki manfaat lain yaitu menurunkan tekanan darah dan merelaksasi jantung. Musik juga dapat membantu penderita migrain serta mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Camilan Sehat dan Enak yang Cocok Dimakan saat Diet

2. Meningkatkan kinerja Fisik

Irama musik juga dapat bermanfaat untuk membantu anda lebih mudah untuk bergerak, seperti menari. Dengan mendengarkan musik juga anda dapat mengurangi rasa lelah, meningkatkan gairah psikologis dan dapat mengurangi ketegangan otot.

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru