Mata Bengkak? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Rabu, 22 Desember 2021 | 14:16 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Mata Bengkak? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

ILUSTRASI. Mata bengkak? Ini penyebab dan cara mengatasinya. Tribun Jateng/Hermawan Handaka


KONTAN.CO.ID - Mata bengkak umumnya muncul di bawah bagian bawah atau atas mata kelopak mata. Hal ini terjadi karena ada perubahan tekstur kulit di area mata. Kenali penyebab dan cara mengatasi mata bengkak.

Terdapat beberapa jenis mata bengkak yang kerap dialami. Jika di bagian atas kelopak mata, biasanya disebabkan lemak dan kulit lebih. Sedangkan di bagian bawah, biasanya kulit di area mata cenderung lebih ke bawah area pipi. 

Dilansir dari Real Simple, dokter ahli bedah Okuloplastik di New York, Brian Brazzo mengatakan, umumnya mata bengkak muncul di area kantung mata bagian bawah dan tidak menimbulkan risiko kesehatan.

Namun, hal tersebut dapat mengganggu dan kebanyakan orang umumnya tidak menginginkan matanya bengkak. 

Baca Juga: 11 Rekomendasi Camilan Sehat dan Enak yang Cocok Dimakan saat Diet

Jika Anda memiliki mata bengkak dan ingin mengatasinya, berikut penjelasan dari Dr. Brian Brazzo terkait penyebab dan cara mengatasinya:

1. Gen

Menurut dokter bedah okuloplastik asal New York tersebut, kebanyakan orang mengalami mata bengkak karena gen yang dimiliki. Oleh karena itu, tidak banyak cara untuk mencegah hal tersebut terjadi.

2. Kurang tidur

Kurang tidur menjadi salah satu faktor yang membuat mata bengkak. Hal tersebut perlu sedikit dihindari.

Selain karena dapat menyebabkan mata bengkak, kurang tidur akan berdampak negatif juga terhadap kulit dan kesehatan. Sebab itu, tidurlah jika tidak sedang melakukan aktivitas yang kurang penting.

Dr. Brazzo mengatakan, jika anda sudah mengalami mata bengkak lalu kurang tidur, di hari besoknya kondisi mata Anda akan memburuk.

Baca Juga: Live Streaming Singapura vs Indonesia, Semi Final Piala AFF 2020 Leg 1

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru