kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45992,35   0,75   0.08%
  • EMAS1.132.000 -0,26%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat Kayu Manis, Menurunkan Gula Darah dan Membantu Mengelola Diabetes


Kamis, 17 Maret 2022 / 12:50 WIB
Manfaat Kayu Manis, Menurunkan Gula Darah dan Membantu Mengelola Diabetes
ILUSTRASI. Kayu manis memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk kemampuan untuk menurunkan gula darah dan membantu mengelola diabetes.


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan gula darah tinggi yang tidak normal. Tapi, banyak orang juga tertarik pada makanan yang bisa membantu menurunkan gula darah, misalnya, kayu manis

Sebab, jika gula darah tidak dikontrol dengan baik, dapat menyebabkan komplikasi, seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, dan kerusakan saraf.

Kayu manis, rempah yang biasa ditambahkan ke hidangan manis dan gurih di seluruh dunia, juga memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk kemampuan untuk menurunkan gula darah dan membantu mengelola diabetes.

Sekilas tentang fakta nutrisi kayu manis mungkin tidak membuat Anda percaya bahwa itu adalah makanan super. Meskipun tidak mengandung banyak vitamin atau mineral, kayu manis mengandung sejumlah besar antioksidan.

Baca Juga: Seafood Sumber Protein Efektif Menurunkan Gula Darah, Cocok untuk Penderita Diabetes

Punya antioksidan tertinggi kedua 

Faktanya, mengutip Healthline, satu kelompok ilmuwan membandingkan kandungan antioksidan dari 26 bumbu dan rempah yang berbeda. Mereka menyimpulkan, kayu manis memiliki jumlah antioksidan tertinggi kedua setelah cengkeh.

Antioksidan penting lantaran membantu tubuh mengurangi stres oksidatif, sejenis kerusakan sel, yang disebabkan oleh radikal bebas.

Melansir Healthline, satu studi menunjukkan, mengonsumsi 500 mg ekstrak kayu manis setiap hari selama 12 minggu menurunkan penanda stres oksidatif sebesar 14% pada orang dewasa dengan pradiabetes.

Ini penting, karena stres oksidatif telah terlibat dalam perkembangan hampir setiap penyakit kronis, termasuk diabetes tipe 2.

Baca Juga: 7 Manfaat Biji Ketumbar untuk Kesehatan, Bisa Menurunkan Gula Darah




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×