Seafood Sumber Protein Efektif Menurunkan Gula Darah, Cocok untuk Penderita Diabetes

Rabu, 16 Maret 2022 | 12:43 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Seafood Sumber Protein Efektif Menurunkan Gula Darah, Cocok untuk Penderita Diabetes

ILUSTRASI. Seafood menawarkan sumber protein yang efektif menurunkan kadar gula darah, cocok untuk penderita diabetes. KONTAN/Fransiskus Simbolon.


KONTAN.CO.ID - Diet adalah bagian utama dari menjaga kadar gula darah yang sehat. Ini penting untuk penderita pradiabetes, diabetes, atau kondisi lain yang memengaruhi gula darah. Seafood atau makanan laut bisa menjadi pilihan.

Memang, faktor-faktor, seperti berat badan, aktivitas, stres, dan genetika, juga berperan dalam pemeliharaan gula darah. Tapi, melakukan diet sehat sangat penting bagi penderita diabetes untuk mengontrol gula darah.

Sementara beberapa makanan bisa berkontribusi pada fluktuasi gula darah, yang lain bisa mengoptimalkan kontrol gula darah sambil meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Sebut saja, seafood.

Sebab, mengutip Healthline, seafood, termasuk ikan dan kerang, menawarkan sumber protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang berharga, Nah, protein ini efektif membantu mengatur kadar gula darah.

Baca Juga: 7 Manfaat Biji Ketumbar untuk Kesehatan, Bisa Menurunkan Gula Darah

Protein sangat penting untuk mengontrol gula darah. Ini membantu memperlambat pencernaan dan mencegah lonjakan gula darah setelah makan, serta meningkatkan perasaan kenyang. 

Plus, protein dapat membantu mencegah makan berlebihan dan meningkatkan kehilangan lemak tubuh berlebih. Dua efek ini jelas penting untuk menjaga kadar gula darah yang sehat.

Asupan tinggi ikan berlemak, seperti salmon dan sarden, telah terbukti membantu menurunkan gula darah.

Misalnya, sebuah penelitian pada 68 orang dewasa dengan kelebihan berat badan atau obesitas yang mengonsumsi 26 ons (750 gram) ikan berlemak per minggu.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan, ke-68 orang dewasa itu mengalami perbaikan kadar gula darah yang signifikan pasca makan dibanding mereka yang mengonsumsi ikan tanpa lemak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru