kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45986,05   -3,88   -0.39%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat Jalan Kaki untuk Ibu Hamil, Persalinan Normal Lebih Lancar


Senin, 25 September 2023 / 13:44 WIB
Manfaat Jalan Kaki untuk Ibu Hamil, Persalinan Normal Lebih Lancar
ILUSTRASI. Manfaat Jalan Kaki untuk Ibu Hamil, Persalinan Normal Lebih Lancar


Sumber: Kementerian Kesehatan RI,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Manfaat Jalan Kaki untuk Ibu Hamil - Jakarta. Simak manfaat jalan kaki untuk ibu hamil. Cek juga manfaat jalan kaki untuk kesehatan secara umum.

Ibu hamil dilarang melakukan aktivitas berlebih. Namun, bukan berarti ibu hamil harus duduk-duduk. Sebaliknya, ibu hamil tetap harus beraktivitas, termasuk berolahraga.

Jalan kaki adalah salah satu olahraga yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Apa manfaat jalan kaki untuk ibu hamil?

Dilansir dari website resmi Kementerian Kesehatan, berikut manfaat jalan kaki untuk ibu hamil:

1. Mengurangi risiko terjadinya keguguran

Manfaat jalan kaki untuk ibu hamil yang pertama adalah mengurangi risiko kegugulan. Oksigen segar yang dihirup pada pagi hari akan dialirkan menuju plasenta bayi, sehingga mendukung pertumbuhan janin dan juga berguna untuk memperkuat rahim.

Jalan kaki di kehamilan trimester akhir bisa dilakukan kapan saja, tidak harus di pagi hari. Yang terpenting Ibu merasa senang dan nyaman saat melakukannya. Berjalan kaki juga bisa meningkatkan sirkulasi aliran darah secara keseluruhan dan menguatkan otot-otot yang digunakan selama kehamilan.

Baca Juga: Jalan Kaki Bisa Menurunkan Berat Badan?

2. Meningkatkan Stamina

Manfaat jalan kaki untuk ibu hamil yang kedua adalah meningkatkan stamina. Berjalan kaki secara rutin setiap hari akan membantu melatih otot tubuh menjadi lebih rileks dan elastis, sehingga Ibu tidak mudah lelah dan tetap aktif dalam segala suasana saat masa kehamilan.

3. Melancarkan Proses Persalinan

Manfaat jalan kaki untuk ibu hamil yang ketiga adalah membantu melancarkan proses persalinan. Saat jalan kaki, seluruh otot panggul dan rahim akan menjadi lebih rileks, kondisi ini akan sangat membantu membuka jalan lahir, sehingga memungkinkan Ibu melahirkan secara normal dan pemulihan pasca persalinan juga menjadi lebih cepat.

Manfaat jalan kaki pagi hari

Suami dari ibu hamil perlu menemani aktivitas jalan kaki. Tidak manfaat jalan kaki bukan hanya bagus untuk ibu hamil. Ada banyak manfaat jalan kaki di pagi hari.

Dikutip dari Kompas.com, Healthline dan WebMD menyebutkan banyak manfaat jalan kaki di pagi hari untuk kesehatan.

Berikut manfaat jalan kaki pagi hari untuk kesehatan:

1. Memberikan energi pada tubuh

Olahraga jalan kaki yang dilakukan di pagi hari akan memberikan energi pada tubuh untuk beraktivitas seharian. Bahkan, berjalan kaki selama 10 menit sudah terbukti efektif untuk meningkatkan energi dibandingkan dengan minum kopi.

2. Meningkatkan suasana hati

Berjalan kaki di pagi hari juga dapat meningkatkan suasana hati, termasuk menurunkan gejala gangguan kesehatan mental, seperti depresi dan stres. Namun untuk mendapatkan manfaatnya, Anda diimbau untuk melakukan olahraga jalan kaki secara teratur selama 20-30 menit selama setidaknya lima hari dalam seminggu.

3. Membakar kalori

Olahraga jalan kaki yang dilakukan selama 30 menit dengan intensitas sedang dapat membakar hingga 150 kalori. Ketika jenis olahraga ini digabungkan dengan jenis olahraga lainnya dan pengaturan asupan makan yang baik, Anda dapat menurunkan berat badan secara efektif.

4. Menyehatkan tubuh dalam jangka panjang

Berjalan kaki dapat meningkatkan imun tubuh sehingga menghindarkan Anda dari berbagai jenis penyakit. Bahkan, berjalan kaki selama 30 menit setiap hari sudah terbukti dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 19 persen.

5. Menguatkan otot

Berjalan kaki secara teratur juga dapat meningkatkan kekuatan otot kaki dan abdomen. Otot yang kuat akan membuat Anda bisa bergerak dengan lebih baik dan meningkatkan kekuatan serta kesehatan secara umum.

6. Mendukung kemampuan kognitif

Berjalan kaki di pagi hari dapat meningkatkan kemampuan kognitif sehingga Anda bisa berpikir dengan lebih jernih dan berkonsentrasi dengan lebih baik. Jenis olahraga ini juga dapat membuat Anda berpikir lebih kreatif dan meningkatkan kemampuan Anda untuk memecahkan masalah.

7. Membuat tidur lebih nyenyak di malam hari

Berjalan kaki akan sangat bermanfaat bagi Anda yang mengalami gangguan tidur, seperti insomnia. Pasalnya, berjalan kaki di pagi hari sudah terbukti dapat membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak dibandingkan dengan berolahraga di malam hari.

8. Menghindarkan godaan untuk nyemil

Memulai hari dengan berjalan kaki di pagi hari akan menghindarkan Anda dari godaan nyemil dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Bahkan, Anda akan cenderung untuk memilih jenis makanan yang sehat di siang hari.

Memahami manfaat jalan kaki di pagi hari sangatlah penting karena jenis olahraga ini tidak hanya membuat tubuh terasa lebih berenergi tetapi juga dapat mendukung kesehatan secara umum. Namun, Anda yang tidak terbiasa bisa mulai berjalan kaki dengan intensitas ringan dan menambah durasi serta intensitasnya secara bertahap.

Itulah manfaat jalan kaki untuk ibu hamil serta bagi kesehatan secara umum. Ayo, mulai rutin jalan kaki pagi hari!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×